Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Negara Myanmar | Karakteristik dan Fakta Lengkapnya

profil dan karakteristik negara myanmar

Walaupun belakangan dikenal karena kasus pembantaian etnis Rohingya, profil Negara Myanmar tetap menarik untuk dikupas. Sebagai salah satu negara kaya akan permata dan gas alam, ternyata tak sedikit yang masih belum tahu kisah awal berdirinya negara yang dulu bernama Burma ini.

Sejarah Negara Myanmar

Beberapa kisah sejarah pernah terjadi di Myanmar, dimulai dari masa prasejarah hingga usai kemerdekaan. Berikut beberapa daftar informasi sejarahnya:

1. Tercatat etnis yang pertama tinggal di Myanmar berasal dari suku Pyu, sekitar 13 tahun yang lalu. Suku ini kemudian berkembang hingga membangun beberapa negara kota Pyu yang mereka huni sebagai lokasi migrasi.

2. Pada abad ke-2 masehi, Myanmar menjadi pelabuhan perdagangan di antara Cina dan India. Hal ini memberikan pengaruh hingga saat ini pada budaya yang berkembang di tengah masyarakat Myanmar.

3. Dilanjutkan dengan hadirnya sejumlah suku lainnya seperti suku Bamar di abad ke-9.

4. Abad ke-16 hadir raja Wangsa Taungi dan memberikan kontribusi bagi perkembangan ekonomi dan administrasi.

5. Terjadi perang antara Inggris dan Birma pada rentang 1824 hingga 1885, dimana akhirnya Myanmar yang masih bernama Birma menjadi daerah Jajahan Inggris.

6. Selama masa penjajahan oleh Inggris, terjadi banyak perubahan drastis terutama soal pemerintahan yang tidak lagi menganut sistem kerajaan. Bahkan Inggris menjadikannya negara tersebut salah satu provinsi.

7. Kemerdekaan Myanmar terjadi 4 Januari 1948, namun pergolakan belum berakhir. Ada kudeta yang dilakukan perwira senior di tahun 1962 dan bergolak selama beberapa tahun.

8. 1987 terjadi kemerosotan ekonomi luar biasa, akibat pembatalan pecahan uang kartal yang dilakukan pemimpin de facto Myanmar saat itu U Ne Win.

9. 1989 Birma berubah menjadi Myanmar

Profil Geografi Myanmar

Secara geografis Negara Myanmar berbatasan dengan sejumlah negara, yaitu:
  • Barat dengan Bangladesh dan India
  • Utara dengan Republik Rakyat Tiongkok
  • Timur dengan Laos dan Thailand
  • Selatan dengan Malaysia

Luas daerahnya mencapai 676.578 km2 dengan total daerah perairan mencapai 3,06 persen dari total luasnya. Negara ini merupakan kawasan yang subur, dengan lembah yang terdapat diantara pegunungannya. Sedangkan Titik tertinggi dari negara ini terdapat di kawasan Kachin yang mencapai ketinggian 5.881 meter.

Dengan kondisi alamnya yang subur tersebut menjadikannya sebagai salah satu negara penghasil minyak bumi dan sejumlah gas alam yang banyak dilirik negara lain. Begitu juga soal batu permata, juga banyak ditemukan di sejumlah kawasan Myanmar.

Letak astronomisnya ada pada titik 9 derajat Lintang Utara sampai 29 derajat Lintang Utara, 92 derajat Bujur Timur sampai 102 derajat Bujur Timur.

Sistem Pemerintahan Myanmar

Berdasarkan sejarahnya, dulu Negara ini menganut sistem pemerintahan kerajaan, namun sekarang beralih pada sistem pemerintahan Republik Presidensial yang dipimpin oleh seorang presiden. Dimana posisi pimpinan tersebut saat ini diisi oleh Win Myint yang sudah menjabat sejak 29 Maret tahun 2018 lalu.

Dalam sistem pemerintahannya terdapat penasehat negara yang diisi oleh Aung San Suu Kyi. Lalu pada posisi wakil presiden diisi oleh dua orang yaitu Myint Swe dan Henry Van Thio. Untuk badan legislatifnya menggunakan nama Majelis persatuan yang terdiri dari, majelis tinggi dan majelis rendah.

Karakteristik Penduduk Myanmar

Saat ini jumlah penduduk di negara tersebut adalah 56.590.071 jiwa, dengan kepadatan penduduk mencapai 76 jiwa/km2. Penduduknya tersebar di wilayah perkotaan dan pedesaan yang dibagi menjadi tujuh region dan tujuh negara bagian dengan pusat pemerintahan berada di kota Naypyidaw.

Etnis penduduk di Myanmar terdiri dari sejumlah etnis diantaranya Bamar yang jumlahnya mencapai 68 persen, diikuti etnis Shan, Karen, Rohingya, dan Rakhine masing-masing 9 persen, 7 persen, 4 persen, dan 4 persen. Sisanya ada dua persen etnis Mon dan etnis lainnya sebanyak 10 persen.

Menyoal agama yang dianut oleh penduduk Myanmar, mayoritas adalah agama Buddha Theravada sebanyak 87,9 persen. Diikuti penganut agama Kristen 6,2 persen, Islam 4,3 persen dan sisanya berbagai kepercayaan lain sebanyak 1,6 persen.

Bagaimana dengan sumber mata pencaharian penduduk? Kebanyakan bergantung pada sektor pertanian yang menjadi sumber devisa terbesar disana. Diikuti sejumlah industri yang melibatkan investasi negara asing di bidang tambang minyak bumi dan gas alam.

Kebudayaan Myanmar

Budaya di Myanmar tidak lepas dari campur tangan sejumlah negara yang pernah berhubungan langsung dengan masyarakat aslinya. Seperti budaya India, China hingga Britania.

1. Pakaian Adat
Salah satu pakaian adat Myanmar yang biasa dipakai oleh pria dan wanitanya adalah Longyi, yaitu kain yang dililitkan sampai bagian betis seperti halnya kain sarung yang menjadi kebanggaan Indonesia. Longyi untuk pria disebut dengan Paso dan biasa digunakan untuk aktivitas sehari-hari hingga acara kenegaraan. Sedangkan Longyi untuk wanita disebut Htamain dan bentuknya lebih mirip seperti rok bermotif.

Yang membedakan pemakaian setiap acara dan aktivitas adalah bahan dari Longyi. Dimana untuk acara resmi menggunakan bahan sutra khusus, kemudian dipadu dengan baju khusus tanpa kerah untuk pria. Sedangkan untuk wanita dilengkapi dengan blus yang memiliki panjang hingga bagian pinggang.

2. Rumah Adat
Rumah adat di negara Myanmar sangat beragam, sama seperti Indonesia. Tiap etnis memiliki rumah khasnya masing-masing. Jika Anda penasaran bisa langsung datang ke pusat kebudayaannya yang dikenal dengan nama National Races Village.

3. Makanan
Berbagai makanan khas masih bisa ditemukan di Myanmar, bahkan yang sudah turun temurun sejak berabad lalu. Diantaranya adalah Nga Pi atau olahan fermentasi udang atau ikan. Biasanya menjadi salah satu bumbu utama pelengkap berbagai masakan di berbagai daerah disana.

Ada juga yang namanya Hto-Hpu Nwe, yaitu bubur yang dibuat dari tepung kacang polong. Biasanya dipadukan dengan daging dan kaldu.

4. Tari
Seperti Indonesia, Myanmar juga punya tarian yang menjadi salah satu kesenian dengan nilai budaya tinggi.

5. Bahasa
Bahasa nasional dari orang Myanmar adalah bahasa Burma atau Myanmar, selain itu juga ada bahasa daerah yang penggunaannya diakui di negara tersebut. Seperti bahasa Rakhine, Kachin, Shan, Kayah, Mon, dan Chin.

Fakta Tentang Myanmar

Banyak fakta menarik yang ada di Myanmar, seperti halnya fakta-fakta yang juga membuat takjub dari berbagai negara lainnya. Mau tahu?
  • Perpindahan ibukota negara dari Yangon menjadi Naypyidaw tahun 2005 silam, dilakukan melalui proses cukup panjang. Bahkan melibatkan keyakinan astrologi para pemimpinnya. Dimana pemindahan 11 kementerian tersebut dilakukan pada tanggal 11 bulan 11 (November) tahun 2005, tepat pukul 11.00 waktu setempat.
  • Salah satu kuil suci di kawasan Mandalay, Myanmar terdapat lapisan lembaran emas yang tingginya sudah mencapai 15 centimeter. Lembaran itu dibawa oleh pengunjung yang ingin beribadah di kuil tersebut, sebagai hadiah bagi Buddha.
  • Sampai saat ini sistem pengukuran di Myanmar pakai cara lokal yang disebut peiktha.
  • 10 persen dari total hutan di Myanmar merupakan hutan utama yang kaya akan keanekaragaman hayati atau biodiversity.

Demikianlah sekelumit penjelasan seputar profil negara Myanmar, yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. Anda adalah salah satu orang beruntung karena bisa menambah pengetahuan tentang negara tersebut.