Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Negara Kamboja | Karakteristik dan Fakta Lengkapnya

profil dan karakteristik kamboja

Mengupas hal menarik seputar negara di dunia memang menyenangkan, banyak hal baru yang bisa diketahui dan menambah wawasan. Kali ini giliran profil Negara Kamboja yang akan dibahas tuntas. Mulai dari Sejarah keberadaannya, sampai sejumlah fakta menarik yang ada disana.

Profil Sejarah Negara Kamboja

Negara yang dulu disebut Indocina Asia Tenggara ini, memiliki sejarah yang dihiasi berbagai konflik. Tapi, salut untuk masyarakatnya yang benar-benar loyal dan mampu bertahan di berbagai kondisi tersebut, terbukti sampai sekarang tetap ada dan menjadi salah satu negara berkembang di Asia Tenggara.

Awalnya Kamboja dibentuk oleh dua negara yaitu Chenla dan Funan antara abad ke-3 sampai ke-5. Tapi, akhirnya kedua negara tersebut harus lengser setelah hadirnya Kerajaan Khmer di abad ke-9.

Sampai abad ke-15, Khmer masih mendominasi lalu beralih pada masa penguasaan oleh Kerajaan Thai dan Vietnam selama tiga abad lamanya. Kemudian berlanjut pada keterlibatan Perancis untuk kemerdekaan dua daerah Kamboja di tahun 1906 yang sempat menjadi wilayah kekuasaan kerajaan Thai.

Setelah pergolakan luar biasa selama berabad-abad lamanya, Kamboja akhirnya bisa merdeka di tahun 1953 dengan bentuk negara Monarki Konstitusional. Raja pertamanya adalah Norodom Sihanouk.

Tapi kemerdekaan tidak langsung membuat Kamboja makmur, banyak kejadian pasca kemerdekaan yang menguji negara dengan salah satu julukannya adalah hell of world. Mulai dari perang Vietnam tahun 1960 an. Kemudian penguasaan oleh Khmer Merah tahun 1975.

Hingga terjadinya serbuan Vietnam tahun 1978 untuk melakukan penghentian genosida atau pembunuhan sadis kelompok masyarakat tertentu di Kamboja. Barulah tahun 1989 perdamaian mulai dirasakan masyarakat disana dengan campur tangan banyak pihak termasuk PBB.

Letak Geografis dan Astronomis Kamboja

Daerah yang ibukotanya terletak di Phnom Penh ini, memiliki letak geografis yaitu:
  • Barat berbatasan dengan Thailand
  • Timur berbatasan dengan Vietnam
  • Utara berbatasan dengan Laos
  • Selatan berbatasan dengan Teluk Thailand

Sedangkan untuk letak astronominya berada pada 10 derajat Lintang Utara sampai 14 derajat Lintang Utara dan 102 derajat Bujur Timur sampai 108 derajat Bujur Timur.

Negara dengan luas mencapai 181.035 km2 ini, memiliki banyak kawasan yang cukup menarik. Diantaranya adalah, Sungai Mekong, Danau Tonle Sap, dan dataran jenis lacustrine yang terletak di kawasan sekitar Tonle Sap.

Sistem Pemerintahan Kamboja

Negara ini memegang sistem pemerintahan Monarki Konstitusional yang mengkolaborasikan antara kerajaan sebagai kekuasaan tertinggi. Ditunjang oleh pemerintahan di bawah pimpinan Perdana Menteri.

Raja Kamboja saat ini adalah Norodom Sihamoni, yang merupakan anak dari raja pertama Kamboja Norodom Sihanouk dengan Ratunya yaitu Norodom Monineath. dia sudah menjadi raja sah sejak tahun 2004 silam. Sedangkan Perdana Menteri Kamboja saat ini ditempati oleh Hun Sen yang sudah menjabat sejak tahun 1998 hingga saat ini.

Karakteristik Demografi Kamboja

Bicara soal kependudukan di Kamboja, saat ini total warganya mencapai jumlah 16.926.984 yang merupakan perhitungan sementara hingga Juli 2020 lalu. Penduduk ini terdiri dari beberapa etnis utama, 97 persen diantaranya adalah etnis Khmer yang merupakan etnis asli Kamboja, kemudian etnis Cham, Vietnam, dan Tionghoa.

Perhitungan tahun 2020, pertumbuhan penduduk di negara tersebut mencapai 1,4 persen dengan angka kelahiran mencapai 21,3/1000 penduduk. Sedangkan kepadatan penduduknya berada di angka 81.8 jiwa/km2.

Sebagai salah satu negara heterogen, di Kamboja juga terdapat keberagaman agama yang dianut oleh penduduknya. Buddha merupakan agama mayoritas yang dianut sekitar 97 persen masyarakat. Sedangkan sisanya adalah agama Islam 2 persen, lalu ada agama rakyat, Kristen, hingga atheis.

Kebudayaan Kamboja

Secara umum kebudayaan di negara yang menggunakan mata uang Riel Kamboja ini berkiblat pada agama Buddha Theravada. Terlihat dari bangunan, hingga sejumlah kebiasaan dari masyarakatnya.

1. Bahasa
Orang Kamboja memiliki bahasa nasional yaitu bahasa Khmer. Lalu ada beberapa bahasa lain yang juga dikuasai oleh sebagian masyarakatnya seperti bahasa Prancis yang disebabkan oleh koneksi antara kedua negara sejak berabad yang lalu. Kemudian ada bahasa Cham yang awalnya merupakan bahasa Kerajaan Champa di Vietnam.

2. Tarian
Tari yang paling fenomenal dari Kamboja adalah tari Dewi Apsara. Tari ini adalah tari klasik dari etnis Khmer, dibuat pada masa kerajaan Kamboja abad ke-20. Tarian ini mengisahkan tentang bidadari apsara yang diyakini masyarakat dan menghuni surga yang cantik.

Tarian ini ditampilkan oleh perempuan dengan pakaian khas Kamboja, dilengkapi dengan mahkota yang menjulang tinggi.

3. Pakaian
Pakaian tradisional Kamboja yang paling terkenal adalah sampot, yang merupakan pakaian wanita yang punya beberapa tingkatan. Ada yang namanya Sampot Hol, dibuat dari sutera tiga jenis dan biasa digunakan oleh gadis Kamboja.

Ada juga yang dinamakan Sampot Chang Kben, biasa dipakai wanita kalangan menengah ke atas. Ciri khasnya adalah menggunakan celana dengan panjang kainnya mencapai 3 meter dan memiliki lebar satu meter. Sedangkan bagian atasnya diberi kain penutup bagian dada yang disebut Chang Pong.

Terakhir ada yang namanya Sampot Phamoung, dibuat dari sutera terbaik yang disebut sutera kuning. Butuh ketelitian dalam pembuatannya karena, sutra ini menggunakan 22 jarum dan 52 warna untuk menghasilkan sebuah kain berkualitas.

4. Rumah Adat
Rumah adat Kamboja berkiblat pada istana Kamboja yang disebut Preah Barum Reachea Veang Nei Preah Reacheanachak Kampuchea. Letaknya di Phnom Penh. Arsitekturnya sangat indah dan mewah. Ada bagian balairung Singgasana, Pagoda Perak, dan banyak lagi yang lainnya.

5. Makanan
Sebagai salah satu negara dengan daerah yang bervariasi, membuat banyak makanan khas yang bisa ditemukan jika berada disana. Diantaranya adalah, Lap Khmer yang dibuat dari irisan daging sapi yang dimasak pedas menggunakan bumbu khusus.

Untuk cemilannya ada Ansom Chek yang dibuat dari pisang dan nasi yang dimasak bungkus dan dimasak pakai daun pisang. Kemudian ada Nom Plae Ai yang dibuat dari tepung beras berisi gula dan menjadi cemilan favorit di Kamboja, Anda mau coba?

Fakta Menarik Kamboja

Selain penjelasan di atas, ada juga berbagai fakta menarik yang hanya ada di Kamboja. Mau tahu?
  • Kendaraan khas yang hanya ada di Kamboja disebut tuk-tuk, mirip gerobak yang difungsikan dengan motor. Sampai saat ini masih dijadikan alat transportasi disana, biasanya bisa memuat enam penumpang.
  • Coba Anda lihat bendera negara Kamboja, terdapat gambar Angkor Wat yang merupakan bangunan keagamaan orang Kamboja. Bendera ini merupakan satu-satunya bendera negara yang menggunakan ikon bangunan.
  • Orang Kamboja akan merayakan tahun baru yang meriah di bulan April, bersamaan dengan akhir musim panen disana. Perayaan tersebut biasa disebut Choul Chnam Thmey.
  • Danau Tonle Sap merupakan danau jenis air tawar yang paling besar di kawasan Asia Tenggara. Bahkan sudah ditetapkan sebagai Biosfer oleh UNESCO tahun sejak tahun 1997 silam.

Sudah puas dengan semua hal tentang profil negara Kamboja? Sangat menarik dan menakjubkan untuk disimak dan diketahui bukan? Informasi ini juga bisa jadi panduan bagi Anda yang ingin berkunjung kesana atau dijadikan tambahan wawasan, tentang berbagai negara di kawasan Asia Tenggara selain Indonesia.