Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Negara Indonesia | Karakteristik dan Fakta Lengkapnya

profil dan karakteristik indonesia

Profil Umum Indonesia

Indonesia adalah sebuah negara yang pemerintahannya berbentuk republik atau negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sistem pemerintahan negara Indonesia berbentuk presidensial, yang artinya negara ini dipimpin oleh seorang presiden. Dewan perwakilan Rakyat (DPR) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dipilih langsung oleh rakyat.

Secara administratif, saat ini Indonesia terdiri dari 34 wilayah provinsi. 5 wilayah provinsi memiliki status yang berbeda. Sebagai ibukota negara maka kota Jakarta yang juga sebagai ibukota dari Provinsi DKI Jakarta menyandang status daerah khusus ibukota (DKI).

Provinsi DI Aceh dan DI Yogyakarta menyandang status daerah istimewa (DI) karena pernah menjadi wilayah ibukota Republik Indonesia. Provinsi Papua dan Papua Barat memiliki status sebagai daerah otonomi khusus.

Lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila, sebuah konsep burung mitos dalam tokoh pewayangan. Semboyan yang diambil adalah Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Hal inilah yang mempersatukan seluruh penduduk dan suku bangsa di Indonesia yang berbeda-beda sehingga dapat memupuk semangat persatuan.

Dasar Negara Indonesia adalah Pancasila yang artinya 5 pedoman dasar dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Nilai-nilai Pancasila digali dari jati diri bangsa Indonesia dengan diformulasikan dan dirumuskan sedemikian rupa. Masing-masing bunyi dari sila tersebut merepresentasikan tentang ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan untuk seluruh rakyat Indonesia.

Indonesia memiliki arti Indos dan Nesos. Indos artinya Hindia dan Nesos artinya pulau. Jadi, artinya adalah wilayah kepulauan di Samudra Hindia. Wilayah Indonesia juga sering disebut dengan Nusantara yang artinya wilayah yang berada di antara pulau-pulau.

Sejarah Negara Indonesia

Sejarah terbentuknya bangsa Indonesia merupakan perjalanan yang sangat panjang. Mulai dari masa prasejarah sebelum adanya kehidupan manusia modern. Diyakini pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan Kalimantan pernah menyatu dengan Benua Asia karena keanekaragaman hayatinya memiliki kemiripan. Sedangkan wilayah Papua, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku pernah menyatu dengan Benua Australia. Wilayah Sulawesi, dan Nusa Tenggara Barat merupakan daerah peralihan sehingga memiliki flora dan fauna yang endemik.

Masa periode klasik bercorak Hindu dimulai sejak jaman Kerajaan Kutai di Kalimantan hingga runtuhnya kerajaan Majapahit sebagai kerajaan terbesar yang pernah menguasai seluruh wilayah Indonesia. Selanjutnya, wilayah Indonesia mulai dikuasai oleh kerajaan bercorak Islam dan banyak melahirkan konsep-konsep Islam yang dianut hingga kini.

Setelah kerajaan Islam menguasai nusantara, seiring dengan perkembangan teknologi dan misi menemukan dunia baru di Eropa maka datanglah para penjelajah bangsa Eropa ke nusantara. Baik itu dari Portugis, Inggis, Belanda, dan yang lainnya. Melihat potensi dan kekayaan negeri ini maka Belanda ingin menjajah Indonesia yang sering disebut dengan masa kolonialisme. Belanda menjajah Indonesia selama 350 tahun. Lalu dilanjutkan oleh Jepang selama 3,5 tahun.

Melihat keadaan penjajahan yang menyiksa, para pendahulu bangsa ini tidak tinggal diam dan selalu melakukan perjuangan untuk merebut kemerdekaan. Setelah perjuangan panjang akhirnya pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia meraih kemerdekaannya dan diakui sebagai bangsa yang berdaulat. Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia dan sekaligus diangkat sebagai presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.

Letak Geografis dan Astronomis Indonesia

Letak geografis Indonesia sangat strategis yaitu terletak di antara 2 benua. Benua Australia/Oseania dan Benua Asia. Dan juga dikelilingi oleh 2 samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia juga dilalui oleh jalur pelayaran internasional di Selat Malaka sehingga sistem ekonomi dan perdagangan cukup berkembang.

Wilayah Indonesia terdiri dari 17.504 pulau dengan garis pantai sepanjang 95.181 km yang merupakan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Luas wilayah Indonesia adalah sekitar 1.910.931 km2 dan luas perairannya sekitar 3.257.483 km2. Luas wilayah perairannya sekitar 71 % dari keseluruhan luas wilayah Indonesia. Maka dari itu potensi perairan Indonesia sangatlah besar dengan hasil melimpah.

Adapun batas-batas negara Indonesia adalah:
  • Utara berbatasan dengan Singapura, Malaysia, Filipina, dan Laut Cina Selatan
  • Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Papua New Guinea
  • Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia, Timor Leste, Australia
  • Barat berbatasan dengan Samudra Hindia

Secara astronomis Indonesia terletak pada 6 derajad LU - 11 derajad LS dan 95 derajad BT - 141 derajad BT. Letak lintang ini menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis dan dilalui garis khatulistiwa. Indonesia memiliki 2 musim yaitu musim kemarau dan musim penghujan di sepanjang tahun. Letak bujur juga membuat Indonesia memiliki 3 wilayah waktu yaitu WIB (GMT+7), WITA (GMT+8), dan WIT (GMT+9).

Berada di wilayah khatulistiwa membuat Indonesia memiliki salah satu hutan hujan tropis terbesar dunia yang terletak di Sumatera dan Kalimantan. Hutan ini juga disebut sebagai paru-paru dunia karena keanekaragaman hayatinya yang sangat beragam. Berbagai jenis tumbuhan, reptil, mamalia, burung, dan jenis lainnya hidup di hutan Indonesia.

Karakteristik Penduduk Indonesia

Indonesia merupakan negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam. Indonesia juga menjadi salah satu negara yang memiliki penduduk Muslim terbanyak di dunia yakni sekitar 230 juta jiwa. Pada tahun 2018, jumlah penduduk Indonesia telah mencapai sekitar 270 juta jiwa, berada di urutan keempat tertinggi di dunia.

Ras utama yang mendiami wilayah Indonesia adalah Ras Mongoloid dan Melanosoid. Ras Mongoloid mendiami wilayah bagian barat Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan. Dengan ciri-ciri kulit yang berwarna sawo matang, tidak terlalu tinggi, dan memiliki wajah yang cenderung oval.

Berbeda dengan Ras Melanosoid yang mendiami wilayah bagian Timur seperti Papua, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Ciri-cirinya berkulit lebih gelap dibandingkan Ras Mongoloid, memiliki perawakan yang lebih tinggi, dan rambut yang cenderung ikal. Meskipun ada 2 ras utama, akan tetapi ada penduduk pendatang yang memiliki berbagai macam ras dan terjadi percampuran ras di Indonesia.

Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, dari Sabang Sampai Merauke. Jika dihitung ada sekitar 1.340 suku bangsa dan semua memiliki ciri khas tersendiri. Populasi suku terbesar adalah Suku Jawa dengan mayoritas populasi mencapai sekitar 41,7 % dari jumlah total penduduk Indonesia.

Fakta Menarik Lainnya

Banyak fakta menarik tentang Indonesia yang mungkin tidak diketahui orang banyak. Maka dari itu simak ulasan berikut ini:
  • Hanya ada 6 negara kepulauan di dunia dan salah satunya adalah Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar.
  • Indonesia disebut sebagai segitiga terumbu karang dunia karena keanekaragaman terumbu karang dan biota lautnya.
  • Pulau Cendrawasih (Papua, Papua Barat, Papua Nugini), Pulau Kalimantan (Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sabah, Serawak, Brunei Darussalam), Pulau Sumatera merupakan deretan pulau terbesar dunia berturut-turut ke 2,3,dan 6.
  • Dihuni hewan komodo sebagai kadal purba terbesar dan satu-satunya di dunia.
  • Memiliki gunung api terbanyak ke-3 di dunia setelah Amerika Serikat dan Rusia.
  • Terkenal dengan keramahan penduduknya dan prinsip gotong royong.

Itulah beberapa ulasan tentang profil Negara Indonesia. Semoga dapat menambah khasanah pengetahuan Anda.