Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Negara Filipina | Karakteristik dan Fakta Lengkapnya

profil dan karakteristik negara filipina

Merdeka sejak 12 Juni 1898, Filipina hadir sebagai salah satu negara paling maju terutama setelah perang dunia kedua. Sekarang, sudah banyak perubahan dari negara beribukota Manila tersebut. Mau tahu seperti apa profil negara Filipina ? Simak penjelasan lengkapnya.

Negara yang punya penduduk berkisar 109.180.815 ini, punya letak yang cukup strategis, hingga budaya yang bikin takjub. Kita akan mulai mengupasnya dari sejarah, hingga fakta unik dibalik eksistensi negara yang dijuluki lumbung padi ini.

Profil Sejarah Filipina

Ditilik dari sejarah keberadaan negara ini, Filipina mulai eksis tahun 1521, ditemukan oleh Ferdinand Magelhaens, lewat ekspedisinya saat berkeliling dunia. Ada beberapa negara maju yang pernah menjadi penguasa di Filipina, mulai dari Spanyol yang mendudukinya hingga mencapai 265 tahun. Tepatnya dari tahun 1565 sampai tahun 81821. Bahkan nama Filipina saja diberikan oleh raja Felipe II dari Spanyol.

Kemudian pindah ke tangan Amerika dan menjadi salah satu persemakmuran di tahun 1935. tak berhenti di situ, negara yang punya 175 bahasa daerah ini juga sempat dijajah Jepang sebelum Merdeka tahun 1946 secara de facto.

Sampai sekarang, kebudayaan dan kehidupan masyarakat disana masih kental dengan nuansa Spanyol, Amerika, hingga Jepang.

Letak Negara Filipina

Filipina mempunyai letak astronomis diantara 4 derajat 4' Lintang Utara sampai 21 derajat 10' Lintang Utara dan 116 derajat 40' Bujur Timur sampai 126 derajat 34' Bujur Timur ini.

Kalau bicara soal posisi secara geografis dari negara dengan jumlah pulau mencapai 7100 buah ini, batas tegas wilayahnya adalah sebagai berikut:
  • Sebelah Barat batasnya Laut Tiongkok Selatan dan Vietnam
  • Sebelah Utara dengan Republik Rakyat Tiongkok
  • Sebelah Timur batasnya Palau dan Samudra Pasifik
  • Sebelah Selatan dengan Malaysia, Laut Sulawesi dan Indonesia

Dengan garis pantai 36.289 km, kawasan negara kepulauan ini dibagi menjadi tiga wilayah utama, yaitu Luzon, Mindanao dan Visayas.

Bentuk dan Sistem Pemerintahan Filipina

Walaupun di abad ke-16 terdapat sejumlah kerajaan kecil di negara tersebut, ternyata saat ini kondisi pemerintahannya sudah beda. Bagaimana dengan pemerintahan di Filipina? Ternyata negara ini berbentuk Republik Presidentil yang dipimpin oleh seorang presiden. Sejak tahun 2016 presidennya adalah Rodrigo Duterte dan wakilnya Leni Robredo.

Negara ini juga memiliki Presiden Senat yang saat ini diduduki Vicente Sotto III. Kemudian seperti Indonesia, Negara dengan nama lokal Republika ng Pilipinas ini juga punya legislatif atau Dewan Perwakilan Rakyat, yang saat ini diketuai oleh Alan Peter Cayetono.

Karakteristik Demografi Filipina

Luas wilayah Filipina mencapai 343.448 km2, kepadatan penduduk Filipina saat ini mencapai 336/km2. Terdapat sekitar 28 etnis yang bermukim di sana, dengan etnis Visayan menempati posisi teratas dalam hal persentase yaitu 32,9 persen diikuti etnis Tagalog 29,5 persen dan 10,1 persen.

Soal pendidikan, ada kewajiban mengenyam pendidikan selama 13 tahun disana, dibagi atas pendidikan dasar selama enam tahun plus satu tingkat tambahan. Kemudian pendidikan menengah, kejuruan atau teknis dan tersier.

Beralih soal keberadaan penganut agama dan kepercayaan, penduduk negara dengan mata uang Peso Filipina ini didominasi masyarakat beragama Katolik yang sampai saat ini mencapai 80 persen, kemudian Protestan 12 persen. Ada juga kepercayaan Evangelis, Cristo, hingga Saksi Yehuwa.

Sedangkan agama lainnya seperti Islam hanya 5,5 persen dan terkonsentrasi di Pulau Mindanao. Sisanya adalah 2,43 persen penganut kepercayaan agama diantaranya Buddha.

Profil Budaya Filipina

Bagaimana dengan kebudayaan di Filipina, beberapa fakta budayanya bisa Anda pahami lewat penjelasan berikut:

1. Rumah Adat
Filipina punya rumah adat yang disebut Bahay Hubo. Rumah ini dalam bahasa Indonesia artinya rumah yang berbentuk bujur sangkar. Aslinya dibuat dengan menggunakan daun kelapa, bambu dan nipah.

Rumah ini punya tiga bagian, yaitu bagian utama, tengah, dan bagian bawah. Kemudian dilengkapi dengan atap atau bubungan yang berada di atas langit-langit rumah.

Ciri khasnya terletak pada atap meruncing ke atas, sebagai upaya untuk membuat bagian dalam rumah sejuk dan hujan bisa mengalir ke ara luar rumah tanpa mengakibatkan bagian dalam rumah menjadi basah.

2. Masakan Khas
Dari berbagai macam makanan yang bisa ditemukan di Filipina, dua diantaranya bisa dibilang sudah mendunia. Ada Lanzones yang jadi ikon buah di Filipina dengan warna coklat, rasa manis, dan ukuran imut. Buah ini juga bisa menjadi penangkal nyamuk lho!

ada lagi yang namanya halo halo, yaitu sejenis cemilan yang dicari saat musim panas. Dibuat dari berbagai bahan segar diantaranya, buah kelapa, keladi, nangka, santan, custard. Perpaduan semua bahan diberi taburan es serut dan es krim sehingga bisa menghilangkan dahaga di saat cuaca panas.

3. Pakaian
Pria Filipina punya pakaian adat yang disebut Barong Tagalog, dibuat dari bahan batang buah nanas dan pisang yang diolah menjadi pakaian unik dan otentik. Beda lagi pakaian wanitanya yang disebut Maria Clara Gown, biasanya dibuat dari batang pohon kelapa dengan desain khusus yang sangat unik.

Dulu, pakaian ini hanya boleh digunakan untuk acara tertentu seperti acara adat, kenegaraan atau pernikahan. Tapi, sekarang sudah mudah ditemukan pada berbagai kesempatan. Mulai dari bagi seragam perkantoran, sekolah, bahkan sejumlah perguruan tinggi juga menjadikannya salah satu baju wajib.

4. Tarian
Kalau Anda sempat melihat pembukaan SEA Games tahun 2019 lalu, pasti tak asing dengan kepiawaian para penari menampilkan tari Sarimanok yang ternyata berasal dari Filipina.

Tarian tersebut berasal dari nama burung asli Mindanao dan disebut sangat legendaris. Nama tersebut diambil dari dua kata, yaitu sari yang punya arti pakaian dengan berbagai warna menarik, sedangkan manok berarti ayam.

Fakta Menarik Lainnya dari Filipina

Setelah memahami profil dan semua hal di balik eksistensi Negara Filipina, Anda juga perlu tahu beberapa fakta menarik dari negara tersebut, apa sajakah fakta tersebut?
  • Walaupun punya 7100 pulau yang tersebar di wilayahnya, ternyata baru 2000an saja yang sudah dihuni oleh manusia. Sisanya masih berupa pulau perawan yang tak berpenghuni.
  • Karena posisinya yang berada di kawasan panas, maka Filipina menjadi negara kedua yang menghasilkan energi panas paling besar di dunia. Peringkat pertama masih dihuni oleh Amerika Serikat.
  • Percaya atau tidak, tiap tahun akan terjadi 19 angin topan di berbagai wilayah Filipina, di luar bencana angin lainnya yang terjadi secara berkala.
  • Negara ini punya 200 gunung merapi yang tersebar di sejumlah daerah, tapi tenang karena hanya beberapa saja yang masih diprediksi aktif sampai saat ini.
  • Di dunia terdapat beberapa titik laut terdalam, salah satunya ada di Filipina dan dikenal dengan nama Galathea. Titik ini berada di urutan ketiga titik laut terdalam dunia.

Itulah sekumpulan penjelasan seputar profil negara Filipina. Sangat menakjubkan dan pastinya punya keunikan yang tak terbantahkan bukan? Jadi, tak ada salahnya jika ada kesempatan Anda berkunjung dan melihat langsung dari dekat seperti apa wajah negara tersebut.