Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Negara Vietnam | Karakteristik dan Fakta Lengkapnya

profil dan karakteristik negara vietnam

Profil Umum

Negara Vietnam yang beribukota di Hanoi memiliki nama lain Republik Sosialis Vietnam. Vietnam merupakan negara komunis yang letaknya berbatasan langsung dengan Tiongkok. Negara ini terletak di Semenanjung Indochina dan memiliki semboyan kemerdekaan, kebebasan, dan kebahagiaan. Mereka memiliki lagu kebangsaan barisan tentara.

Letaknya yang berada di kawasan Asia Tenggara menjadikan negara ini sebagai anggota ASEAN yaitu asosiasi perkumpulan regional bangsa-bangsa di Asia Tenggara. Dulunya negara ini merupakan negara Indochina Prancis bersama dengan Laos dan Kamboja.

Lambang Negara Vietnam memiliki bentuk lingkaran merah, dengan roda, tanaman dan bintang yang berwarna kuning. Bintang melambangkan 5 kelas sosial di Vietnam yaitu intelektual pekerja, petani, pengusaha, dan militer. Sedangkan roda mewakili tenaga kerja industri dan tanaman mewakili pertanian sebagai salah satu andalan negara ini.

Sejarah Negara Vietnam

Orang-orang Vietnam dahulu sebenarnya masih merupakan keturunan Ras Mongolia yang bermigrasi dari Tiongkok. Begitupun dengan wilayah tersebut memang dikuasai oleh kekaisaran Tiongkok dari berbagai dinasti. Setelah selama 10 abad dijajah oleh Tiongkok, maka orang Vietnam berhasil mengalahkan militer Mongol. Bahkan pada abad ke 11-15 mereka berhasil memperluas wilayahnya hingga ke selatan dan bahkan menaklukkan Kerajaan Champa.

Barulah pada abad ke-19 saat orang Eropa menjelajah menemukan dunia baru, maka Vietnam mulai dijajah oleh bangsa Prancis. Prancis tergerak karena Inggris banyak menjajah wilayah lain dengan suplai komoditas hasil bumi tertentu dari wilayah jajahan. Sama seperti bangsa Indonesia pada saat dijajah, penduduk pribumi Vietnam banyak melakukan pemberontakan namun tetap saja gagal.

Adalah Ho Chi Minh seorang tokoh revolusi dan politisi Vietnam yang banyak berjuang untuk memerdekakan Vietnam dari Prancis. Ia melanglang buana dari Eropa, Rusia, hingga Tiongkok dan akhirnya mendirikan liga kemerdekaan Vietnam (Viet Minh) untuk mengalahkan kolonial Prancis dan juga Jepang yang pernah menguasai wilayah ini.

Pada akhir Perang Dunia II sekitar tahun 1945 Ho Chi Minh memproklamasikan kemerdekaan Vietnam. Akan tetapi Prancis berhasil menduduki Vietnam Selatan sehingga wilayah Vietnam terpisah menjadi bagian utara dan selatan. Awalnya mereka sepakat untuk berunding, akan tetapi menemukan jalan buntu.

Akibatnya pihak Prancis menyerang kota Haipong di Vietnam Utara dan dibalas kembali oleh Vietnam Utara dengan menyerang kota Hanoi di selatan sebagai wilayah jajahan Prancis. Selama bertahun-tahun perang antara Viet Minh yang didukung oleh Tiongkok dan Prancis yang didukung oleh Amerika Serikat menewaskan banyak nyawa warga yang tidak bersalah.

Pihak Prancis mengalami kekalahan besar pada tahun 1954 dan mengadakan perundingan damai yang disebut dengan Perundingan Jenewa. Disepakati bahwa wilayah Vietnam akan dibagi menjadi Vietnam Utara dan Selatan yang masing-masing dipimpin oleh kepala negara yang berlainan. Utara bernafaskan komunis sosialis dan selatan didukung oleh Amerika Serikat.

Akan tetapi Ho Chi Minh tidak menyetujui adanya pemisahan ini sehingga terjadilah perang saudara antara utara dan selatan. Ia juga membentuk barisan tentara untuk pembebasan Vietnam Selatan dan bergerilya melawan Amerika Serikat. Perang Vietnam ini merupakan salah satu perang tragis yang tercatat dalam sejarah dunia. Dengan penuh perjuangan dan banyaknya korban jiwa yang berjatuhan akhirnya pada tanggal 2 Juli 1976 Vietnam bagian utara dan selatan resmi disatukan dengan nama Republik Sosialis Vietnam.

Karakteristik Geografi Vietnam

Secara astronomis wilayah Vietnam terletak di antara 8 derajad LU - 22 derajad LU dan 104 derajad BT - 108 derajad BT. Luas wilayahnya adalah 331.212 km2. Adapun batas-batas wilayah dari Negara Vietnam adalah:
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Cina Selatan
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Cina Selatan
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Laos dan Kamboja

Karena wilayahnya yang cukup luas maka Vietnam memiliki bentang alam yang beragam mulai dari daerah dataran rendah dengan sungai-sungai besar, daerah dataran tinggi hutan tropis dengan puncak tertinggi di gunung Phan Xi Pang (3.143 m). Memiliki garis pantai sepanjang 3.444 m maka potensi perikanan di sebelah timur Vietnam juga sangat melimpah.

Ada 2 delta sungai yang terkenal di wilayah Vietnam yaitu delta sungai Merah dan delta sungai Mekong. Kedua wilayah ini merupakan daerah yang subur karena banyak sedimentasi lumpur-lumpur sungai. Dengan banyaknya daerah subur maka pertanian Vietnam sangatlah maju. Komoditi yang dihasilkan seperti tembakau, kopi, karet, dan juga beras.

Wilayah Vietnam memiliki iklim tropis tropis karena masih terletak dekat khatulistiwa. Hanya saja di wilayah bagian utara terkadang cuacanya agak ekstrim pada saat musim dingin. Udaranya juga menjadi kering karena pengaruh angin muson.

Bentuk dan Sistem Pemerintahan Vietnam

Profil negara Vietnam dari segi bentuk negara adalah Republik Sosialis Komunis dengan kepala negara seorang presiden yang juga merupakan panglima militer tertinggi. Ia menunjuk seorang kepala pemerintahan yaitu perdana menteri atas persetujuan Majelis Nasional Vietnam.

Karena merupakan negara sosialis komunis, hanya ada satu partai yang diperbolehkan di negara ini yaitu Partai Komunis Vietnam. Majelis Nasional Vietnam merupakan badan legislatif yang berfungsi untuk membuat undang-undang. Mahkamah Agung sebagai lembaga yudikatif juga bertanggung jawab kepada Majelis Nasional, fungsinya untuk memberikan kewenangan hukum di negara ini.

Vietnam juga memiliki angkatan bersenjata yang disebut dengan Tentara Rakyat Vietnam (TRV). Mereka juga dibagi menjadi angkatan darat, laut, dan udara. TRV biasa merekonsiliasi untuk membantu pertahanan nasional bahkan juga perekonomian.

Wilayahnya dibagi menjadi 58 provinsi dan 5 kotamadya. Sedangkan mereka membagi wilayah menjadi 8 wilayah regional seperti Pantai Tengah Utara, Timur Laut, Barat laut, Dataran Tinggi Pusat, Pantai Tengah Selatan, Tenggara, Delta Sungai Mekong, dan Delta Sungai Merah.

Penduduk, Bahasa, dan Agama di Vietnam

Hampir 90% yang menghuni daratan ini adalah suku bangsa Vietnam sehingga penduduknya homogen. Etnis terbesar adalah suku Viet dan Kinh. Begitupun dengan bahasa nasional mereka juga bahasa Vietnam. Mereka juga mempunyai huruf sendiri yang disebut Chu Nom.

Karena kedekatan geografis dengan wilayah Tiongkok, maka kebudayaan mereka sedikit banyaknya saling mempengaruhi. Agama utama yang dianut adalah agama Budha, Taoisme, dan Konfusianisme. Ada sebagian penduduknya yang juga menganut agama Katolik, Kristen, dan Islam. Akan tetapi karena merupakan negara sekuler, maka urusan agama tidak menjadi bagian dari urusan pemerintah dan menjadi urusan pribadi masing-masing orang.

Fakta Menarik Lainnya

Ada beberapa fakta menarik tentang Vietnam yang banyak tidak diketahui yaitu:
  • Sepeda motor menjadi moda transportasi utama. Hal ini disebabkan karena pajak mobil sangat tinggi hampir 100-200% sehingga masyarakatnya memilih sepeda motor.
  • Wilayah Sa Pa yang bersalju. Meski merupakan daerah tropis, akan tetapi ada satu wilayah di utara yang biasa turun salju dekat dengan gunung tertinggi di Vietnam.
  • Perang Vietnam berlangsung selama 20 tahun yaitu dari tahun 1954-1975 salah satu perang terpanjang dan tragis dalam sejarah dunia.

Itulah profil negara Vietnam sebagai salah satu negara sosialis komunis yang ada di wilayah Asia Tenggara.