Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Negara Thailand | Karakteristik dan Fakta Lengkapnya

profil dan karakteristik negara thailand

Profil Lengkap Thailand - Thailand, salah satu negara di ASEAN dengan banyak hal menarik yang membuatnya dikenal dunia. Mulai dari sejarah dan budaya yang sangat istimewa, sehingga penduduk dan pemerintahan yang juga tak kalah eksklusif untuk dibahas. Daripada terus penasaran, yuk intip profil negara Thailand terlengkap berikut.

Profil Sejarah Thailand

Banyak literasi yang menyebutkan tentang sejarah Thailand di masa lampau, usut punya usut ternyata bukti awalnya terlihat di Bendungan Batu yang ada di Mae Hong Son. Disana terdapat artefak yang menjadi bukti bahwa kawasan negara Gajah Putih itu sudah ada sejak 40.000 tahun lalu.

Dimulai dari berdirinya kerajaan pertama untuk bangsa Thai yang dinamakan Sukhotai, dimana perkembangannya sangat pesat di bawah pimpinan Pho Khun Bang Klang Hao. Budaya India dan agama Buddha Theravada sangat kental saat itu. Pada era itu juga diciptakan alphabet Thai yang dikenal sampai sekarang.

Setelah jatuhnya Sukhotai, muncul kerajaan adikuasa seperti Ayutthaya di tahun 1350. masa ini juga masuk kategori gemilang karena perdagangan sangat aktif. Bahkan pedagang Ayutthaya sampai menjelajahi Tiongkok sampai Prancis. Kehancuran Ayutthaya akibat serangan Birma sekitar tahun 1765.

Kemudian ada kerajaan Thonburi dan Rattanakosin yang sempat berjaya di Thailand. Sebelum mulai masa Monarki Konstitusional tahun 1932, ketika kudeta terjadi di kawasan tersebut. Yang akhirnya menjadi gerbang terbentuknya Thailand versi modern saat ini.

Letak Geografis dan Astronomis Thailand

Beralih pada letak dari Negara Thailand yang juga dijuluki negara Gajah Putih ini, secara astronomis berada pada titik lima derajat lintang Utara sampai 21 derajat Lintang utara. Kemudian 97 derajat Bujur Timur sampai 106 derajat Bujur Timur.

Untuk letak geografisnya, berbatasan langsung dengan:
  • Barat yaitu Laut Timur dan Myanmar
  • Utara yaitu Myanmar dan Laos
  • Timur yaitu Kamboja dan Laos
  • Selatan yaitu Teluk Siam dan Malaysia

Negara berbentuk kerajaan ini memiliki lembah sungai yang sangat cantik salah satunya Chao Phraya, dengan aliran menuju Teluk Thailand. Kemudian pada bagian utaranya didominasi gunung menjulang tinggi dengan salah satu yang sangat tinggi yaitu Doi Inthanon yang mencapai 2.576 meter dari permukaan laut.

Karakteristik Penduduk Thailand

Saat ini penduduk Thailand sudah mencapai angka 68.977.400 sesuai estimasi penghitungan Juli tahun 2020. Dimana kepadatan penduduknya mencapai 132,1 jiwa/km2.Daerah yang dihuni paling banyak adalah pedesaan, dengan kawasan persawahan yang luas dan menjadi sumber penghasilan mereka.

Penduduk di negara tersebut memang didominasi etnis asli Thailand yang mencapai 95 persen lebih, sedangkan sisanya berasal dari Burma dan etnis lainnya seperti Melayu, Gunung, Karen, Khmer, dan Mon. Mayoritas masyarakat Thailand bergantung pada sumber daya alam, makanya menjadi salah satu negara eksportir produk sektor pertanian paling besar di dunia. Bahkan terdapat kebijakan pengembangan satu komoditas pertanian di satu desa atau dikenal dengan istilah one village one commodity.

Sedangkan soal agama, di negara ini mayoritas beragama Budha dengan persentase mencapai 94 persen, diikuti agama Islam sebanyak 4,29 persen, Kristen 1,17 persen, Hindu 0,03 persen dan sisanya adalah kepercayaan lainnya termasuk masyarakat yang tidak memiliki agama.

Pemerintahan Negara Thailand

Saat ini pemerintahan Thailand menganut sistem Monarki Konstitusional dengan sistem Junta Militer yang berada di bawah kekuasaan Monarki tersebut. Pemimpin pemerintahannya adalah:
  • Pimpinan Negara : Raja, saat ini diduduki oleh Wachiralongkon yang sudah bertahta sejak tahun 2016 lalu hingga sekarang.
  • Pimpinan Pemerintah : Perdana menteri, saat ini diemban oleh Jenderal Prayuth Chan-Ocha yang sudah dipilih sejak tahun 2014.

Di bawah pemerintahan Monarki Konstitusional tersebut, Wilayah Seribu Pagoda itu memiliki 76 provinsi yang terletak di 5 kawasan regional. Ada Regional Tengah dengan 19 provinsi, kemudian Regional Selatan ada 14 provinsi.

Regional Utara memiliki 17 Provinsi, Regional Timur Laut 20 Provinsi dan terakhir Regional Timur terdiri dari tujuh provinsi. Masing-masing provinsi, dinamakan sesuai dengan nama ibukota yang ada disana.

Kebudayaan Thailand

Saatnya melongok pada kebudayaan yang terdapat di Thailand. Akibat kejayaan kerajaan di masa lampau dan perdagangan ke berbagai negara, diantaranya budaya dari India, Kamboja, Tiongkok, Burma, dan Lao.

1. Bahasa
Bahasa nasional orang Thailand adalah bahasa Thai, atau disebut juga bahasa Siam. Sedangkan beberapa bahasa daerah juga digunakan oleh masyarakat Thailand, seperti Melayu, Pak Tai, Mueang, Kam, dan Isan.

2. Pakaian
Pakaian tradisional laki-laki Thailand disebut Phraratchathan berupa kemeja dengan hiasan motif pada bagian tengah dadanya. Untuk bawahannya menggunakan celana yang disebut Chong Kraben, terbuat dari kain panjang yang dililitkan pada pinggang dan kedua kaki.

Untuk pakaian wanita terdiri dari delapan jenis yang penggunaannya sesuai dengan acara dan waktu. Ada yang namanya Ruean Ton untuk acara santai, Amarin untuk busana malam dan elegan.

Ada juga pakaian yang namanya Chit Lada, berupa gaun yang digunakan untuk menjemput tamu di kawasan Bandara. Berupa pakaian khas dengan sentuhan brokat di bagian ujung dari roknya. Lalu atasannya berbentuk blus khusus yang diberi lima kancing khusus, biasanya diberi warna emas atau perak.

3. Rumah Adat
Rumah adat asli Thailand memiliki tampilan yang sangat mewah, dengan bagian atap seperti atap rumah adat Minangkabau dengan ujung-ujungnya runcing ke atas. Biasanya dibuat dari kayu yang diberi ukiran khusus pada berbagai bagiannya.

4. Makanan
Sebagai salah satu daerah tujuan wisata dunia, makanan Thailand juga tak lepas dari sorotan. Bahkan beberapa diantaranya sudah bisa ditemukan di Indonesia, seperti Tom Yam yang berupa makanan berkuah dengan cita rasa pedas. Isinya adalah berbagai daging seafood yang dipadu sayuran.

Ada juga cemilan yang juga tak kalah populer dengan nama keren mango sticky rice, atau irisan mangga disajikan dengan nasi lemak yang diberi kuah santan. Kemudian ada juga yang namanya Phad Tai atau mie beras, dengan rasa gurih karena campuran bumbu khasnya.

5. Tempat Wisata Budaya
Banyak tempat wisata di Thailand yang jadi buruan para pelancong termasuk dari Indonesia. Hal itu tak lepas dari masalah posisi kawasan yang masih banyak memiliki pemandangan alam menakjubkan. Dengan pengelolaan maksimal membuat sebuah kawasan wisata jadi sangat potensial.

Beberapa diantaranya bahkan sudah masuk warisan dunia yang diakui UNESCO, seperti Khao Yai Forest, Kota Ayutthaya, Kota Sukhothai dan Thungyai-Huai Kha Khaeng yang merupakan salah satu margasawta terbaik dengan luas mencapai 622.200 hektar.

Fakta Menarik Dari Thailand

Dibalik berbagai informasi seputar Thailand, juga terdapat beberapa fakta menarik rugi kalau Anda lewatkan. Diantaranya adalah:
  • Thailand merupakan habitat alami bagi berbagai flora dan fauna unik di dunia. Seperti anggrek yang ditemukan sampai 1.500 spesies di negara beribukota Bangkok tersebut, juga ular sanca batik yang merupakan ular terpanjang di dunia, dan ular paling berbisa yaitu ular kobra.
  • Keunikan daerah dan keindahannya membuat banyak turis datang untuk melihat langsung. Bahkan sejumlah syuting film Hollywood juga berlatar belakang daerah di Thailand.

Sudah puas dengan informasi seputar Profil Negara Thailand ? Masih banyak hal lain yang menarik untuk di kupas tentang negara tersebut, untungnya dengan deretan penjelasan di atas paling tidak bisa mengurangi rasa penasaran Anda tentang Thailand.