Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Profil Negara Malaysia | Karakteristik dan Fakta Lengkapnya

profil dan karakteristik negara malaysia

Pada kesempatan kali ini akan dibahas terkait dengan profil negara Malaysia. Malaysia merupakan salah satu negara yang berada di kawasan Asia Tenggara yang merupakan negara tetangga Indonesia. Ada berbagai hal yang perlu diketahui terkait dengan negara Malaysia, antara lain adalah sejarah, letak geografis, pemerintahannya, penduduk dan mata pencaharian, dan fakta menarik lainnya.

Profil Sejarah Malaysia

Berbicara terkait dengan awal mula terbentuknya negara, tentu tidak terlepas dari sejarah negara tersebut. Pada dasarnya, Malaysia merupakan negara bagian atau federasi di mana ada sekitar 13 negara federasi dan 3 negara persekutuan. Ibukota Malaysia terletak di Kuala Lumpur, sementara untuk pusat pemerintahan persekutuan berada di Putrajaya.

Sebenarnya Malaysia tidak dianggap ada hingga tahun 1963 sebagai negara persekutuan karena sebelumnya Malaysia merupakan kerajaan yang terdiri dari beberapa bagian di mana hal ini merupakan bentukan dari Britania Raya di abad ke-18.

Wilayah jajahan Britania Raya tersebut sering dijuluki sebagai Malaya Britania dan berakhir pada tahun 1949. Kemudian terbentuklah Uni Malaya, di mana seiring berjalannya waktu kumpulan tersebut menjadi Federasi Malaya pada 1948, mencapai kemerdekaan pada 31 Agustus 1957.

Saat proses dekolonialisasi pada September 1963, majelis umum PBB mengumumkan bahwa daerah Singapura, Borneo Utara, dan Serawak, yang dikenal sebagai Sabah, kemudian berganti menjadi di federasi bentukan baru yang disebut Malaysia. Namun pada proses Federasi Malaya di tanggal 9 Agustus 1965, Singapura membentuk negara sendiri yang berdaulat.

Letak Geografis dan Astronomis Malaysia

Negara Malaysia secara astronomis terletak antara 1 derajat LU - 7 derajat LU dan 100 derajat BT - 119 derajat BT. Secara geografis negara Malaysia dibagi menjadi dua kawasan, yakni Malaysia Barat dan Malaysia Timur.

Kawasan Malaysia Barat berada di sebelah selatan Semenanjung Malaka sementara Malaysia Timur berada di Serawak dan Sabah, sekitar Pulau Kalimantan sebelah utara. Negara Malaysia memiliki batas wilayah sebelah utara yang berbatasan langsung dengan Thailand dan juga Laut Cina Selatan.

Sementara itu, di bagian timur Malaysia berbatasan dengan Laut Sulu, sebelah selatan, Malaysia berbatasan langsung dengan Pulau Kalimantan. Sedangkan di sebelah barat Malaysia berbatasan dengan Selat Malaka.

Malaysia memiliki luas wilayah kurang lebih 329.758 km persegi. Wilayah tersebut kemudian terbagi lagi menjadi 13 federasi atau negara bagian. Di sebelah timur terdapat 2 negara federasi yaitu Serawak dan Sabah. Sementara itu di bagian barat terdiri dari 11 negara federasi yaitu Perak, Kedah, Negeri Sembilan, Pahang Penang, Kalantan, Johor, Selangor, Perlis, Malaka, dan Trengganu.

Malaysia juga kaya akan bentang alam. Sebagian besar wilayah Malaysia merupakan deretan pegunungan yang sebenarnya kelanjutan deretan Pegunungan Sirkum Mediterania. Di Malaysia Barat, gunung tertinggi adalah Gunung Tahan yang mencapai ketinggian 2190 mdpl, kemudian disusul oleh Gunung Batu Putch yang tingginya mencapai 2000 mdpl.

Selain dataran tinggi, di Malaysia juga terdapat dataran rendah. Malaysia Barat memiliki Dataran rendah di Kedah bagian utara. Selain itu juga ada dataran Selangor di wilayah barat, dataran Pahang di wilayah timur, dataran Johor di wilayah selatan, dan dataran Kelantan di wilayah timur laut.

Adapun sungai-sungai yang ada di Malaysia sebelah barat adalah Sungai Pahang yang panjangnya mencapai 450 km. Sungai ini adalah sungai terpanjang di wilayah Malaysia Barat. Selain Sungai Pahang, di Malaysia Barat juga terdapat sungai Kelantan. Muara kedua sungai tersebut yaitu di Laut Cina Selatan dan Selat Malaka. Malaysia juga terdapat danau yang disebut sebagai Danau Chenderoh.

Karakteristik Pemerintahan Malaysia

Malaysia merupakan negara kerajaan yang sistem pemerintahannya adalah monarki konstitusional dan didasarkan pada undang-undang. Kepala negara Malaysia yaitu raja dengan gelar yang Dipertuan Agung. Pengangkatan raja adalah hasil pemilihan dari sembilan raja di negara federasi seperti halnya perak, Negeri Sembilan, Kedah Selangor, Pahang, Penang, Serawak, Sabah, dan Terengganu.

Sementara itu, kepala pemerintahan Malaysia adalah perdana menteri. Perlu diketahui bahwa di setiap negara bagian di Malaysia ternyata persebaran penduduknya tidak merata. Wilayah Malaysia Barat penduduknya 7 kali lebih banyak daripada Malaysia bagian timur.

Penduduk dan Mata Pencaharian Masyarakat Malaysia

Pada pertengahan tahun 2004, penduduk Malaysia berjumlah kurang lebih 25,6 juta jiwa. Ternyata di Malaysia terdapat 3 kelompok suku, yakni Melayu, India, dan Cina. Namun sebenarnya suku asli negara Malaysia di bagian timur yaitu suku Kadzan dan Dayak.

Di Malaysia sendiri, pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat penting dalam menunjang perekonomian. Tidak bisa dipungkiri bahwa mayoritas penduduk Malaysia bermata pencaharian sebagai petani.

Pada tahun 2007, Malaysia memiliki jumlah penduduk sekitar 27,2 juta jiwa di mana 59% merupakan suku Malaysia, 32% suku Cina dan 9% suku India. Meskipun mayoritas di Malaysia adalah pertanian tetapi sebenarnya penduduk Malaysia melakukan pekerjaan di sektor perkebunan, pertambangan, perniagaan, dan industri. Di samping itu, Malaysia juga bergerak pada bidang ekspor bahan mentah, terutama karet, kayu, minyak bumi, dan kelapa sawit.

Dalam bidang industri, ternyata Malaysia memiliki cukup banyak industri tekstil, alat elektronik, kerajinan tangan, dan industri kimia. Bahkan Malaysia sudah mampu memproduksi mobil sendiri yang disebut sebagai Proton.

Seiring berjalannya waktu, dari tahun ke tahun jumlah penduduk Malaysia mengalami peningkatan meskipun tidak begitu pesat. Mata pencaharian dan perekonomian Malaysia pun semakin bervariasi sehingga saat ini penduduk Malaysia bekerja di berbagai sektor ekonomi sesuai dengan bidangnya.

Fakta Menarik Lainnya Tentang Malaysia

Malaysia memiliki beberapa fakta unik dan menarik lain yang wajib diketahui:
1. Tongkat Ali Asal Malaysia
Dalam pengobatan tradisional, tongkat ali memiliki khasiat yang sangat besar untuk penyembuhan. Tanaman ini berasal dari Malaysia dan banyak ditemukan di wilayah hutan Malaysia.

2. Wisata Medis Murah
Malaysia mempunyai pilihan rumah sakit terbaik yang sangat bervariasi. Bahkan rumah sakit di Malaysia banyak menjadi rujukan pasien dari berbagai negara di dunia. Uniknya, biaya rumah sakit di Malaysia cenderung murah dengan pelayanan yang sangat berkualitas.

3. Kekayaan Botani Melimpah
Diketahui bahwa Malaysia mempunyai 1000 spesies lebih tanaman obat-obatan. Bahkan di Malaysia ditemukan tanaman yang mampu membunuh virus HIV AIDS. Ada berbagai tumbuhan lainnya yang dijumpai di Malaysia.

4. Gedung Tertinggi di Dunia, Petronas
Petronas merupakan menara tertinggi di dunia sejak tahun 1998-2004. Tinggi menara ini yaitu sekitar 400 meter, 88 lantai. Meskipun saat ini sudah terdapat menara tertinggi lainnya, tetapi Petronas masih menjadi menara kembar tertinggi yang tidak tersaingi.

5. Tun Merupakan Gelar Tertinggi di Malaysia
Perlu diketahui bahwa Malaysia memiliki gelar tertinggi, yaitu Tun. Uniknya, gelar ini hanya boleh dimiliki oleh 25 orang dalam satu waktu atau periode. Ke-25 orang tersebut harus masih hidup.

6. Gua Terbesar di Dunia
Gua terbesar di dunia ini merupakan situs warisan dunia. Gua ini berada di Taman Nasional Gunung Mulu, Serawak. Jika berkunjung ke Malaysia, maka tempat ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi.

Itulah profil negara Malaysia yang perlu diketahui. Informasi tersebut di atas dapat menjadi referensi untuk mengetahui berbagai hal tentang Malaysia.