Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Negara di Benua Australia–Oseania [Daftar Terlengkap Menurut Region]

negara di benua australia dan oceania

Negara di Benua Australia/Oseania - Terdapat beberapa negara di Benua Australia-Oseania yang belum diketahui secara rinci oleh banyak orang. Kawasan Australia dan Oseania (Oceania) acapkali digabungkan dalam menyebutkan wilayah tersebut karena pada dasarnya kesemuanya berada di Samudra Pasifik jika dilihat secara geografis.

Banyak juga orang yang beranggapan bahwa Benua Australia dan Oseania merupakan satu benua dimana di dalamnya terdapat beberapa negara. Perlu diketahui, bahwa meski kedua kawasan tersebut digabungkan, tetapi jumlah penduduk secara keseluruhan tidak lebih banyak dibandingkan benua-benua lainnya yang ada di dunia seperti halnya Benua Amerika maupun Asia.

Sebenarnya yang terkenal sebagai benua adalah "Australia" yakni benua terkecil yang menduduki peringkat terakhir, sekaligus benua terakhir yang ditemukan. Wilayah Benua Australia juga tidak seluas benua lain, dimana benua ini hanya membentang mulai dari ujung Teluk Carpentaria sampai Pulau Tasmania.

Pembagian Wilayah Benua Australia-Oseania

Apabila dilihat secara geografis, pada dasarnya hanya terdapat 4 daratan besar yang ada di Benua Australia-Oceania yaitu Australia, Papua Nugini yang merupakan satu kesatuan daratan dengan wilayah Papua bagian timur Indonesia, Tasmania, dan Selandia Baru.

Lalu mengapa disebut Australia-Oseania, dimanakah Oseania itu? pada umumnya banyak orang yang belum mengetahui terkait dengan Oseania.

Kawasan Oseania adalah kawasan geografis yang terdiri dari tiga kawasan utama yakni Melanesia, Mikronesia, dan Polinesia. Sebenarnya Oseania bukanlah sebuah benua tetapi banyak konsensus yang menyebutkan bahwa Oseania merupakan benua.

Hal yang sekarang terjadi adalah bahwa Benua Australia serta kawasan Oseania digabungkan menjadi satu untuk memudahkan klasifikasi wilayah negara di dalamnya, sehingga akan lebih jelas dan mudah memahami karakteristik sebuah negara.

Jika kedua wilayah ini digabungkan maka akan ada 4 region dalam benua Australia-Oseania, yaitu region Australia dan Selandia Baru (Australasia), Polinesia, Mikronesia, dan Melanesia.

Daftar Lengkap Negara di Benua Australia-Oseania

Terdapat 14 negara berdaulat pada wilayah geografis gabungan Australia dan Oseania ini. Negara-negara tersebut merupakan negara yang berdaulat yang telah diakui oleh internasional serta masuk sebagai anggota PBB.

Pada awalnya, jika dilihat secara geografis, sebagian dari wilayah Indonesia masuk dalam kawasan benua Australia Oseania (Papua dan Papua Barat), tetapi Indonesia lebih cenderung negara yang berada di Benua Asia.

Selain 14 negara berdaulat, cukup banyak negara-negara independensi atau negara bergantung yang ada di benua ini. Berikut adalah daftar lengkap negara-negara di Benua Australia dan Oseania, baik itu yang statusnya sudah berdaulat, negara bergantung, maupun negara yang masih dalam status sengketa.

Catatan: negara yang tidak ditandai (*) adalah negara yang diakui oleh PBB atau disebut dengan negara berdaulat.

Nama Negara (Bhs.Indonesia) Kode Negara Nama Negara (Bhs.Inggris)
Australia AU Australia
Federasi Mikronesia FM Micronesia, Federal States of
Fiji FJ Fiji
Guam * - Guam
Kaledonia Baru * - New Caledonia
Kepulauan Cook * - Cook Islands
Kepulauan Mariana Utara * - Northern Mariana Islands
Kepulauan Marshall MH Marshall Islands
Kepulauan Pitcairn * - Pitcairn Island
Kepulauan Solomon SB Solomon Islands
Kepulauan Wallis dan Futuna * - Wallis and Futuna Islands
Kiribati KI Kiribati
Nauru NR Nauru
Niue * - Niue
Palau PW Palau
Papua Nugini PG Papua New Guinea
Polinesia Prancis * - French Polynesia (Tahiti)
Samoa WS Samoa
Samoa Amerika * - American Samoa
Selandia Baru NZ New Zealand
Tokelau * - Tokelau
Tonga TO Tonga
Tuvalu TV Tuvalu
Vanuatu VU Vanuatu

Negara-Negara Benua Australia-Oseania Menurut Regionnya

Seperti halnya benua lainnya yang terbagi ke dalam beberapa region (kawasan), Benua Australia-Oseania juga memiliki beberapa kawasan geografis seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Berikut ini merupakan nama-nama negara di setiap kawasan benua Australia-Oseania.

1. Negara di Kawasan Australasia (Australia-Selandia Baru)

Di kawasan ini terdapat 2 negara berdaulat yang sangat familiar yaitu Australia dan Selandia Baru. Berikut ini negara tersebut dan Ibukotanya serta luas wilayahnya.
Nama Negara Ibu Kota Luas (km2)
Australia Canberra - Sydney 7,617,930
New Zealand Wellington - Auckland 270,467

2. Negara di Kawasan Melanesia

Kawasan selanjutnya yaitu Melanesia di mana terdapat beberapa negara kepulauan yang berada di utara hingga timur laut daratan besar Australia. Terdapat empat negara berdaulat di kawasan ini yaitu Fiji, Vanuatu, Kepulauan Solomon dan Papua Nugini, selain itu beberapa negara yang belum berdaulat.
Nama Negara Ibu Kota Luas (km2)
Fiji Suva 18,333
Kaledonia Baru * Nouméa 18,575
Kepulauan Solomon Honiara 28,400
Papua Nugini Port Moresby 462,840
Vanuatu Port-Vila 14,760

3. Negara di Kawasan Mikronesia

Terdapat 7 negara di kawasan Mikronesia, berikut ini negara di kawasan Mikronesia dan Ibukotanya.
Nama Negara Ibu Kota Luas (km2)
Federasi Mikronesia Palikir 702
Guam * Hagåtña (Agana) 549
Kepulauan Mariana Utara * Saipan 477
Kepulauan Marshall Majuro 181
Kiribati Tarawa 726
Nauru Yaren 21
Palau Ngerulmud, Melekeok 459

4. Negara di Kawasan Polinesia

Negara-negara yang ada di kawasan Polinesia merupakan wilayah di sebelah timur Oseania atau daratan Papua Nugini. Berikut merupakan negara-negara yang ada di kawasan Polinesia.
Nama Negara Ibu Kota Luas (km2)
Kepulauan Cook * Avarua 240
Kepulauan Pitcairn * Adamstown 47
Kepulauan Wallis dan Futuna * Matā'Utu 142
Niue * Alofi 261
Polinesia Prancis * Papeete 4,167
Samoa Apia 2,831
Samoa Amerika * Pago Pago 199
Tokelau * Nukunonu 10
Tonga Nuku'alofa 747
Tuvalu Funafuti 30

Fakta Benua Australia-Oseania

Seperti yang telah diketahui bahwa Benua Australia merupakan benua terkecil di dunia dan benua yang terakhir ditemukan. Australia sendiri ditemukan pada 1770 oleh James Cook. Setelah penemuan tersebut, tidak sedikit orang Inggris yang kemudian menuju ke benua tersebut untuk menetap.

Australia merupakan benua yang sekaligus nama negara karena negara independen satu-satunya yang ada di benua tersebut adalah Australia. Hanya saja negara Australia terbagi menjadi beberapa negara bagian. Selanjutnya, beberapa kepulauan kecil di wilayah tersebut kemudian digabungkan pada wilayah Australia.

Banyak yang menyebut Australia sebagai benua bawah karena jika dilihat pada peta Benua Australia berada ada di paling bawah. Secara geografis, Benua Australia berbatasan dengan lautan, termasuk Indonesia.

Iklim di Benua Australia-Oseania

Iklim pada ada wilayah ini didasarkan karena faktor garis lintang. Tidak heran apabila setiap wilayah atau kawasan di Benua Australia mempunyai jenis iklim yang berbeda-beda antara satu kawasan dengan kawasan lainnya. Namun demikian, secara umum terdapat beberapa Iklim di wilayah Benua Australia-Oseania.

Pertama, iklim subtropis dengan empat musim selama satu tahun. Umumnya kawasan yang memiliki iklim tersebut yaitu kawasan Australia di bagian Selatan. Kedua, iklim tropis dengan karakteristik terdapat musim hujan dan musim panas atau kemarau yang intensitasnya stabil. Iklim tropis ini umumnya ditemukan di wilayah Australia bagian utara.

Ketiga, iklim gurun dengan karakteristik suhu yang panas dan tinggi ketika siang hari dan kemungkinan turun drastis saat malam hari. Iklim ini umumnya terjadi di kawasan yang mempunyai gurun.

Yang keempat adalah iklim laut dengan ciri-ciri suhu udara sejuk dan ketika musim dingin turun hujan titik umumnya iklim ini terjadi di wilayah selatan Tasmania dan Victoria.

Meskipun wilayahnya tergolong kecil, ternyata benua ini memiliki cukup banyak iklim. Bahkan di setiap kawasan memiliki iklim yang berbeda-beda. Hal ini tentu menjadi keunikan tersendiri dari Benua Australia-Oseania.

Kenampakan Alam

Wilayah Benua Australia tergolong datar, tetapi mempunyai bentang alam yang beragam seperti halnya gurun, pegunungan dataran rendah, danau, sungai, dan lain sebagainya.

Tidak sedikit bentang alam yang ada di wilayah ini, bahkan dengan wilayah yang tidak begitu luas, Benua Australia-Oseania memiliki bentang alam yang bisa dikatakan variatif. Berikut ini penjelasannya.

1. Pegunungan
Di kawasan Plato Barat terdapat Pegunungan Hamersley yang tidak begitu tinggi. Selain itu juga terdapat Pegunungan Musgrave dan Pegunungan McDonald.

Di kawasan Timur terdapat pegunungan Great Dividing Range yang membentang mulai dari utara ke selatan. Australia memiliki Puncak tertinggi yang bernama Gunung Kosciuszko dengan ketinggian 2.230 meter.

2. Dataran Tinggi dan Gurun
Di wilayah Plato Barat, terdapat cukup banyak dataran tinggi dan gurun. Beberapa gurun yang berada di wilayah ini antara lain adalah Gurun Victoria, Gurun Simpson, dan Gurun Gibson. Relief dataran tinggi di wilayah ini juga cukup beragam.

3. Dataran Rendah, Danau, dan Sungai
Umumnya, dataran rendah berada di kawasan bagian tengah. Wilayah dataran rendah memanjang mulai dari Teluk Carpentaria hingga Teluk Spencer. Di sini terdapat cukup banyak sungai, antara lain adalah Sungai Dawson, Sungai Murray, dan Sungai Darling.

Selain sungai, di wilayah dataran rendah juga terdapat banyak danau. Beberapa danau yang dapat dijumpai di Benua Australia-Oceania yaitu Danau Gairdner, Eyre, dan Torrons di kawasan Australia Selatan, Danau Barlec dan Carnegic di Australia Barat, dan Danau Mackay di perbatasan Australia Utara dan Australia Barat.

Itulah penjelasan lengkap mengenai negara di Benua Australia-Oseania. Mungkin kebanyakan Anda belum mengetahui negara di benua ini, baik dari sisi nama negara maupun jumlah negara yang ada di Benua Australia-Oseania.