Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karakteristik Benua Eropa [Lengkap Ciri-Ciri dan Faktanya]

ciri ciri benua eropa

Benua Eropa - Berbicara mengenai benua ini, maka tidak boleh terlewatkan untuk mempelajari karakteristik Benua Eropa. Pasti sudah banyak informasi umum terkait dengan benua yang dijuluki Benua Biru ini, tetapi apakah Anda sudah mengetahui lebih jauh mengenai ciri khasnya yang lebih detail lagi, seperti letak geografisnya, penduduknya, pembagian wilayahnya, serta berbagai fakta yang terkait dengan benua ini?. Simak penjelasannya!

Karakteristik Geografis Benua Eropa

Dilihat dari segi geografisnya Eropa merupakan sebuah jazirah atau semenanjung. Tidak heran apabila benua ini luasnya tidak melebihi 4 benua lainnya yaitu Asia, Amerika, Afrika, dan Antartika. Sebenarnya, benua ini dipisahkan dengan benua lainnya lebih disebabkan karena adanya perbedaan budaya.

Pada bagian utara, Benua Eropa dibatasi oleh Samudra Arktik, bagian barat oleh Samudra Atlantik, sementara bagian selatan oleh Laut Tengah. Untuk batas di wilayah timur dari benua ini belum begitu jelas diketahui, karena seperti yang telah dijelaskan bahwa pada dasarnya pemisahan Benua Eropa terjadi karena faktor kebudayaan. Namun, umumnya batas yang dipakai Benua Eropa dengan Benua Asia yaitu Laut Kaspia dan Pegunungan Ural.

Sebutan lain untuk benua Eropa adalah Eropa Daratan, yang memiliki luas hanya sekitar 10.525.000 km persegi. Secara astronomis, Benua Eropa terletak antara 35 derajat LU - 80 derajat LU, dan 23 derajat BB - 70 derajat BT.

Pembagian Wilayah Benua Eropa

Meskipun benua Eropa merupakan benua terkecil kedua setelah Benua Australia, tetapi ternyata benua ini terbagi lagi menjadi 5 kawasan yaitu Eropa Barat, Eropa Utara, Eropa Selatan, Eropa Timur, dan Eropa Tenggara.

Di bawah ini merupakan penjelasan karakteristik dari 5 wilayah geografis yang ada di Benua Eropa. Catatan: beberapa konsensus memasukkan Eropa Tengah sebagai Eropa Barat.

Karakteristik Eropa Utara

Terbentang dari dataran Eropa hingga lingkaran Arktik, Eropa Utara dapat dibagi menjadi 3 wilayah besar yaitu, Kepulauan Inggris, Skandinavia, dan Baltik.

Definisi terhadap luas wilayah Eropa Utara sebenarnya bervariasi, namun menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa, Eropa Utara terdiri dari 10 negara berdaulat dan beberapa negara dependensi dan negara konstituen seperti Wales, Inggris, Irlandia Utara, dan Skotlandia yang merupakan bagian resmi dari Britania Raya.

Berikut ini merupakan negara-negara yang ada di kawasan Eropa Utara dan Ibukotanya.

Negara-Negara di Eropa Utara
Nama Negara Ibu Kota
Britania Raya (UK) London, Birmingham, Manchester
Denmark Kopenhagen
Estonia Tallin
Finlandia Helsinki
Greenland (DK) * Nuuk (Godthab)
Irlandia Dublin (Kota)
Irlandia Utara (UK) * Belfast
Islandia Reykjavik
Kepulauan Faroe (DK) * Tórshavn
Latvia Riga
Lituania Vilnius
Norwegia Oslo
Skotlandia (UK) * Edinburgh Glasgow
Swedia Stockholm
Wales (UK) * Cardiff

Karakteristik Eropa Barat

Jika mengacu kepada geografi politik Benua Eropa, wilayah Eropa Utara yang didalamnya terdapat beberapa negara ini terletak di bagian barat dari daratan Eropa. Ketika membahas variasi regional di luar Eropa Timur maka istilah Eropa Utara juga merujuk pada kawasan Eropa Barat.

Berikut ini merupakan negara-negara yang ada di kawasan Eropa Barat beserta Ibukotanya.

Negara-Negara di Eropa Barat
Nama Negara Ibu Kota
Austria Vienna (Wien)
Belanda Amsterdam
Belgia Brusel
Jerman Berlin
Liechtenstein Vaduz
Luksemburg Luxembourg
Perancis Paris
Swiss Bern - Zürich

Karakteristik Eropa Selatan

Eropa Selatan terkadang juga disebut sebagai Eropa Mediterania yang terbentang di sepanjang Laut Mediterania di tepi Selatan Eropa. Wilayah ini mencakup negara-negara utama seperti Italia, Portugal, dan Spanyol, serta beberapa negara yang lebih kecil seperti San Marino, Andorra, dan Monako.

Berikut ini merupakan negara-negara yang ada di kawasan Eropa Selatan dan Ibukotanya.

Negara-Negara di Eropa Selatan
Nama Negara Ibu Kota
Andorra Andorra la Vella
Gibraltar (UK) * Gibraltar
Italia Roma - Milan
Malta Valletta
Monako Monako
Portugal Lisbon
San Marino San Marino
Siprus Nikosia (Lefkosia)
Spanyol Madrid
Vatikan * Vatikan (Kota)
Yunani Atena

Karakteristik Eropa Timur

Menurut beberapa sumber, Eropa Timur didefinisikan sebagai wilayah yang didalamnya terdiri atas beberapa negara yang berbatasan dengan Laut Barents dan Laut Baltik di utara; Laut Hitam, Laut Adriatik, dan Kaspia, serta Pegunungan Kaukasus di selatan, dan deretan Pegunungan Ural (berbatasan dengan Asia).

Berikut ini merupakan negara-negara yang ada di kawasan Eropa Timur dan Ibu Kotanya.

Negara-Negara di Eropa Timur
Nama Negara Ibu Kota
Belarus Minsk
Bulgaria Sofia
Hungaria Budapest
Moldova Chisinau
Polandia Warsaw
Republik Ceko Praha
Rumania Bucharest
Rusia Moskow
Slowakia Bratislava
Ukraina Kiev

Karakteristik Eropa Tenggara

Eropa Tenggara merupakan salah satu wilayah geografis Eropa yang berada di Semenanjung Balkan. Sampai saat ini terdapat definisi yang tumpang tindih dan bertentangan tentang dimana pastinya batas kawasan ini dimulai dan berakhir, atau bagaimana hubungannya kawasan ini dengan wilayah geografis Eropa lain yang berdekatan dengannya.

Karena ketidakpastian ini, beberapa orang masih menganggap Eropa Tenggara merupakan bagian dari Eropa Selatan. Berikut ini merupakan negara-negara yang ada di wilayah Eropa Tenggara lengkap dengan Ibu Kotanya.

Negara-Negara di Eropa Tenggara
Nama Negara Ibu Kota
Albania Tirana
Bosnia dan Herzegovina Sarajevo
Kosovo * Pristina
Kroasia Zagreb
Makedonia Utara Skopje
Montenegro Podgorika
Serbia Belgrade
Slovenia Ljubljana
Turki Ankara - Istambul

Karakteristik Penduduk Benua Eropa

Dapat dikatakan bahwa Eropa merupakan salah satu benua yang penduduknya cukup padat. Pada tahun 2006, penduduk benua Eropa mencapai 732 juta jiwa dan jumlah tersebut meningkat setiap tahunnya. Umumnya, penduduk Eropa merupakan Ras Kaukasoid yang berkulit putih.

Perlu diketahui bahwa selain Ras Kaukasoid, ternyata di benua Eropa juga terdapat berbagai subras lainnya seperti halnya subras Nordik, subras Alpin, dan subras Mediteran.

Ras Nordik memiliki ciri-ciri fisik rambut berwarna pirang dengan mata yang berwarna biru. Kelompok ras ini umumnya banyak dijumpai di kawasan Eropa Utara. Sementara itu, Ras Alpin memiliki ciri khas juga dengan rambut pirang, tetapi mata yang berwarna coklat. Sedangkan untuk Ras Mediteran memiliki karakter fisik mata agak berwarna coklat, dengan rambut hitam yang bergelombang. Biasanya ras ini banyak dijumpai di kawasan Eropa Selatan.

Perlu juga Anda ketahui bahwa persebaran penduduk di benua ini terbilang tidak merata karena dipengaruhi oleh kondisi alam dan tingkat perekonomian. Daerah yang paling padat penduduknya yaitu di daerah industri dan dataran rendah.

Fakta Menarik Tentang Benua Eropa

Benua Eropa juga memiliki beberapa fakta yang sangat menarik yang jarang diketahui oleh banyak orang. Apa sajakah fakta tentang Benua Eropa?

1. Terdapat Sekitar 63 Negara di Benua Eropa
Perlu diketahui bahwa 63 negara itu sebenarnya masih terbagi lagi menjadi berbagai negara lainnya yang didasarkan atas status pengakuan International. Total negara berdaulat sejumlah 50, di mana negara ini mendapatkan pengakuan internasional di Eropa.

Selain itu juga terdapat 7 daerah otonom dan dependensi, yakni wilayah kedaulatan seperti halnya negara tetapi tidak memiliki kekuasaan otonom karena tidak dapat meraih kemerdekaan.

Selanjutnya ada 4 negara pengakuan terbatas, yakni negara yang tidak mendapat pengakuan internasional tetapi ada minimal satu negara yang mengakui negara tersebut. Ada juga 2 negara yang tidak diakui kedaulatannya oleh negara lainnya tetapi dikategorikan sebagai negara karena sesuai dengan definisi negara.

2. Kawasan Benua Eropa Menyatu dengan Benua Asia
Banyak yang tidak tahu bahwa secara geografis, Benua Eropa dan Benua Asia tergabung menjadi satu daratan yang dipisahkan oleh garis yang disebut Pegunungan Ural. Dua benua ini bersatu menjadi satu daratan dan uniknya ada julukan tersendiri untuk daratan besar tersebut, yaitu Eurasia.

Akibat berada di satu daratan maka kondisi inilah yang sering membiaskan definisi dari sebuah Benua. Oleh sebab itu, ada beberapa pakar konvensional yang menyebutkan Eurasia lah sebagai benua, bukannya Eropa dan Asia.

3. Terdapat Pulau Terbesar di Dunia, yakni Greenland
Pulau ini seluas 2.166.086 km persegi dan menduduki peringkat pertama sebagai pulau yang terluas. Tidak seperti namanya, ternyata wilayah utara ke arah timur laut Kanada, pulau Greenland ini tidak berwarna hijau, melainkan berwarna putih karena terdapat es di atas daratan. Bahkan 80% daratan di wilayah ini ditutup es dengan ketebalan hingga 3 km.

4. Terdapat Negara Terkecil di Dunia
Fakta ini jarang diketahui oleh banyak orang, bahwa di Benua Eropa terdapat negara terkecil di dunia yakni Vatikan. Uniknya lagi, negara terbesar di dunia juga ada di kawasan Eropa, yakni Rusia.

Negara Kota terkecil di dunia ini ada di kawasan Italia, tetapi negara tersebut berdaulat sebagai salah satu negara mikro yang diakui oleh seluruh dunia.

5. Terdapat Situs Warisan Dunia UNESCO
Di negara Rumania yang berada di benua Eropa, ada sebuah situs warisan dunia yang sangat menarik, yakni Merry Cemetery. Di kawasan pemakaman ini ada sekurang-kurangnya 600 nisan dengan bentuk kayu salib yang diberi cat warna warni dengan lukisan yang menggambarkan cerita rahasia, hidup, dan detik-detik terakhir mendiang yang dikuburkan di makam tersebut.

Saat memasuki pemakaman ini, maka Anda akan menjumpai banyak sekali nisan kayu bergambarkan prajurit yang dibunuh, pria yang ditembak, dan lain sebagainya.

6. Nama Desa Terpanjang di Eropa
Salah satu fakta menarik dari benua Eropa yaitu Bahwa di benua tersebut terdapat salah satu desa yang memiliki nama sangat panjang. Desa tersebut berada di negara Inggris tepatnya di pulau Anglesey.

Nama desa terpanjang tersebut konon dibuat oleh penjahit di wilayah tersebut di tahun 1860 dengan tujuan membuat desa tersebut populer karena mempunyai nama stasiun kereta api terpanjang.

Itulah penjelasan terkait dengan karakteristik Benua Eropa yang wajib Anda ketahui. Pada dasarnya, kawasan benua ini sangat kaya akan budaya, bahkan rasnya pun lebih dari satu. Dengan berbagai ciri khasnya, membuat benua ini yang awalnya dipisahkan karena perbedaan budaya saja, membuat Benua Eropa semakin kaya dengan beragam karakteristiknya.