Skip to main content

Karakteristik Benua Amerika [Lengkap Ciri-Ciri dan Faktanya]

karakteristik benua amerika

Karakteristik Benua Amerika - Benua Amerika sangat beragam dengan berbagai karakteristik geografis maupun demografi yang ada di dalamnya. Benua ini merupakan daratan yang sangat luas yang berada di bagian barat bumi, maka dari itu sering disebut dengan tanah "barat". Wilayah ini pertama kali diketemukan oleh pelaut asal Spanyol, Christopher Colombus.

Dalam perjalanannya, Christopher Colombus berlayar bersama dengan Amerigo Vespuci seorang penjelajah dan ahli pembuat peta berkebangsaan Italia. Amerigo Vespuci mencatat seluruh pengalaman yang dialaminya selama bertualang dan menemukan benua baru.

Catatannya sampai ke tangan seorang profesor ilmu bumi di Jerman Barat. Dalam catatan tersebut tidak diketemukan tentang nama Amerika. Untuk itulah benua tersebut disebut Amerika dinamakan sesuai dengan nama Amerigo Vespuci untuk mengenang jasa-jasanya.

Benua ini juga dinamakan benua baru karena karakteristiknya yang sangat berbeda dengan benua-benua lama seperti Asia, Eropa, dan Afrika. Sebelumnya, orang Eropa menganggap bahwa, jika mereka terus berlayar ke arah Barat maka akan diketemukan benua Asia. Akan tetapi, ternyata ada daratan baru yang dinamai Amerika.

Selain itu benua ini juga dijuluki dengan benua merah karena karakteristik kulit penduduk suku asli Amerika berwarna merah menurut orang kulit putih Eropa. Suku tersebut adalah suku Indian yang telah mendiami wilayah tersebut sebelum orang Eropa masuk.

Amerika juga sering disebut sebagai tanah harapan oleh penduduk Eropa karena saat itu imigran dari seluruh dunia berlomba untuk mendapatkan tempat yang layak di tanah baru tersebut.

Pembagian Wilayah Benua Amerika

Karena kawasan yang sangat luas dan sesuai dengan karakteristik geografis wilayahnya, maka benua Amerika terbagi menjadi 4 wilayah geografis atau biasa disebut dengan Region, yaitu Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia.

Wilayah Amerika Utara mencakup kawasan kutub utara termasuk Greenland, Alaska, wilayah Amerika Serikat, hingga Semenanjung Florida di bagian paling Selatan. Sedangkan dari barat ke timur yaitu dari Samudra Pasifik hingga Samudra Atlantik mencakup Teluk Meksiko, bagian utara Meksiko, Kanada, bagian Amerika Serikat, dan Kepulauan Arktik. Luas wilayahnya yaitu sekitar 24.500.000 km2.

Wilayah Amerika Tengah meliputi hampir keseluruhan wilayah Meksiko, hingga perbatasan Panama dan Kolombia. Luas wilayahnya yaitu sekitar 253.926 km2. Beberapa Negara yang berada di Amerika Tengah seperti Belize, El Salvador, Guatemala, Honduras, Kosta Rika, Nikaragua, Panama. Wilayah ini juga dijuluki sebagai tanah genting besar karena merupakan daratan yang sangat kecil dibatasi oleh dua perairan.

Wilayah Amerika Selatan atau juga disebut dengan Amerika Latin terbentang dari terusan Panama di bagian Utara hingga ke Semenanjung Horn di bagian Selatan Argentina. Beberapa Negara yang termasuk dalam kawasan Amerika Latin yaitu Argentina, Brazil, Chili, Ekuador, Bolivia, Guyana, Peru, Paraguay, Venezuela, Uruguay, Kepulauan Falkland, dan yang lainnya. Luas wilayahnya mencapai 17.821.601 km2.

Sedangkan Wilayah Karibia meliputi gugusan kepulauan yang ada di sebelah barat Benua Amerika. Adapun negara-negara yang menghuni kawasan Karibia diantaranya adalah Bahama, Haiti, Jamaika, Dominika, dan masih banyak lagi lainnya.

Di bawah ini daftar negara berdaulat yang ada di Benua Amerika, lengkap dengan posisi regionnya dan luas negaranya.

Negara di Benua Amerika Region Luas Negara (km2)
Amerika Serikat Amerika Utara 9,826,675
Kanada Amerika Utara 9,984,670
Meksiko Amerika Utara 1,964,000
Belize Amerika Tengah 22,966
El Salvador Amerika Tengah 21,041
Guatemala Amerika Tengah 109,000
Honduras Amerika Tengah 112,492
Kosta Rika Amerika Tengah 51,100
Nikaragua Amerika Tengah 130,370
Panama Amerika Tengah 74,177
Argentina Amerika Selatan 2,766,890
Bolivia Amerika Selatan 1,098,581
Brazil Amerika Selatan 8,514,877
Chili Amerika Selatan 756,100
Ekuador Amerika Selatan 283,561
Guyana Amerika Selatan 215,000
Kolombia Amerika Selatan 1,138,914
Paraguay Amerika Selatan 406,752
Peru Amerika Selatan 1,285,216
Suriname Amerika Selatan 163,820
Uruguay Amerika Selatan 176,000
Venezuela Amerika Selatan 912,050
Antigua dan Barbuda Karibia 442
Bahama Karibia 13,878
Barbados Karibia 432
Dominika Karibia 751
Grenada Karibia 344
Haiti Karibia 27,750
Jamaika Karibia 10,991
Kuba Karibia 109,886
Republik Dominika Karibia 48,310
Saint Kitts dan Nevis Karibia 261
Saint Lucia Karibia 539
Saint Vincent dan Grenadines Karibia 389
Trinidad dan Tobago Karibia 5,130

Karakteristik Geografis Benua Amerika

Secara astronomis, benua Amerika terletak di 72 derajad LU-59 derajad LS dan 163 derajad BB-360 derajad BB. Luas wilayahnya sekitar 42.575.526 km2. Dengan luas tersebut, maka benua ini memiliki luas terbesar kedua di dunia setelah benua Asia (jika mengacu pada model 5 benua).

Adapun batas-batas geografisnya adalah sebagai berikut:

  • Utara: Samudra Arktik
  • Timur: Samudra Atlantik
  • Selatan: Selat Drake
  • Barat: Samudra Pasifik

Karakteristik bentang alam Benua Amerika di bagian barat di dominasi oleh pegunungan yang membentang dari Alaska di Utara hingga Argentina di Selatan. Beberapa kawasan pegunungan yang terkenal yaitu Pegunungan Andes di wilayah Amerika Selatan dan Rocky Mountains di wilayah Amerika bagian Utara.

Selain itu ada juga gugusan pegunungan yang lebih kecil yaitu Mackenzie dan Coast Mountain di Kanada, Alaska Range di Alaska, dan Sierra Madre Occidental di Meksiko.

Puncak tertinggi berada di gunung Aconcagua (6.960 m) yang terletak di wilayah Argentina. Kawasan pegunungan di bagian barat ini juga termasuk ke dalam pegunungan sirkum Pasifik sehingga gunung apinya masih aktif. Sedangkan di bagian barat wilayah Amerika Serikat cenderung landai dan terdiri dari padang rumput yang sangat luas.

Bagian Utara benua ini didominasi oleh cekungan berbentuk danau seperti Danau Superior, Huron, Michigan, Ontario, Erie yang terdapat di Amerika Utara. Kemudian danau ini mengalir ke wilayah selatan dan timur menjadi beberapa sungai besar.

Bagian Tengah hingga Timur benua Amerika relatif landai yang membentuk dataran pesisir dan kawasan pantai. Dataran rendah ini dilalui oleh banyak aliran sungai seperti Sungai Mississippi di Amerika Utara dan Sungai Amazon di Amerika Selatan.

Karakteristik Penduduk Amerika

Penduduk asli benua Amerika di bagian Utara dihuni oleh Suku Eskimo dan Indian. Orang Eskimo membentuk koloni dan bertempat tinggal di wilayah kutub Utara. Sedangkan orang Indian banyak mendiami wilayah Amerika Serikat saat ini.

Di bagian tengah dihuni oleh suku Astec di Meksiko, Chibcha di Kolumbia, dan Inka di Peru. Bahkan mereka diyakini telah memiliki kebudayaan yang tinggi dilihat dari peninggalan sejarah dan arsitekturnya.

Sekitar abad ke 19 dan 20, bangsa Eropa mulai bermigrasi ke Amerika sehingga benua ini mulai terjadi percampuran ras. Begitupun juga bangsa Asia dan Afrika masuk ke daratan Amerika sehingga berbagai suku dan ras mendiami wilayah ini.

Saat ini ada beberapa agama utama yang berkembang di wilayah Amerika Utara yakni Kristen Protestan. Sedangkan Amerika tengah dan Selatan didominasi oleh Kristen Katolik Roma. Bahasa resmi yang digunakan yaitu bahasa Inggris dan Perancis, akan tetapi ada beberapa Negara yang menggunakan bahasa Spanyol dan Italia.

Fakta Tentang Benua Amerika

Beberapa fakta tentang benua Amerika yang cukup unik yaitu:

1. Alaska memiliki garis pantai terpanjang
Meskipun kelihatannya Amerika Serikat merupakan negara dengan wilayah terluas, akan tetapi Alaska memiliki garis pantai sekitar 12.383 mil atau setara dengan 19.928 km. Hal ini disebabkan karena wilayah Alaska yang banyak terdiri atas beberapa pulau di bagian Utara. Jika di bandingkan dengan Kanada dan Amerika Serikat maka garis pantai Alaska adalah yang terpanjang.

2. Amerika Serikat memiliki PDB tertinggi di dunia
Negara di wilayah bagian Utara Amerika ini memang selalu nomor satu jika dikaitkan dengan pendapatan domestik bruto atau bisa disebut sebagai negara terkaya di dunia. Jika PDB per kapita Amerika Serikat dibagi dengan jumlah penduduknya maka mereka akan berada di tingkat pertama.

3. Air di danau Superior dapat menutupi seluruh wilayah daratan Amerika
Danau Superior di Kanada merupakan salah satu danau terbesar di dunia dan menyimpan sekitar 10% cadangan air tawar dunia. Jika danau ini meluap, dapat merendam seluruh wilayah bagian Amerika sedalam satu kaki.

4. Kesenjangan antara kulit hitam dan kulit putih
Perbudakan merupakan salah satu hal yang tidak dapat dihindari di belahan bumi manapun termasuk Amerika. Kesenjangan antara kulit putih dan hitam juga terus terjadi hingga saat ini.

Dahulu orang kulit hitam dipekerjakan dan dipaksa menjadi budak. Adalah Abraham Lincoln yang menghapus perbudakan di Amerika sehingga saat ini kedua ras ini mendapatkan hak yang sama.

Itulah pembahasan tentang karakteristik Benua Amerika semoga dapat menambah khasanah pengetahuan Anda dalam mengenal berbagai karakteristik benua yang ada di dunia.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar