Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karakteristik Benua Afrika [Lengkap Ciri-Ciri dan Faktanya]

karakteristik benua afrika

Fakta Karakteristik Benua Afrika - Melihat karakteristik Benua Afrika secara umum tentu berbeda dengan benua lainnya, karena setiap benua memiliki ciri khasnya masing-masing. Dapat dikatakan bahwa Benua Afrika terbilang unik jika dibandingkan dengan benua lain.

Keunikan benua ini dapat dilihat dari beberapa sisi, mulai dari warna kulit penduduknya, budayanya, bentang alamnya, dan lain sebagainya. Bahkan di Benua Afrika juga acapkali ditemukan berbagai flora dan fauna menarik yang tidak ditemukan di benua lain.

Lalu apa saja karakteristik dari Benua Afrika ini? simak penjelasannya.

Karakteristik Geografis Afrika

Jika diurutkan dari yang terbesar, Afrika menduduki benua terbesar ketiga setelah Asia dan Amerika. Hal ini terjadi karena Afrika memang dikenal sebagai salah satu benua yang mempunyai wilayah cukup luas. Bahkan penduduknya menempati peringkat kedua terbanyak di dunia.

Luas wilayah Benua Afrika mencapai 30.224.050 km persegi. Jika dihitung secara keseluruhan, Benua Afrika mencakup 20,3 persen daratan yang ada di Bumi. Benua Afrika, secara astronomis terletak di antara 35 derajat LU – 33 derajat LS, serta 18 derajat BT – 53 derajat BT.

Batas wilayah Afrika antara lain adalah sebagai berikut:
  • Di bagian Utara, Afrika berbatasan dengan Laut Mediterania, Laut Tengah, dan Benua Eropa.
  • Pada bagian Timur, Afrika berbatasan dengan Samudera Hindia dan Laut Merah.
  • Di bagian Barat dan Selatan, benua ini berbatasan dengan Samudera Atlantik.

Pembagian Region Benua Afrika

Di Benua Afrika, wilayah geografinya dibagi atas 5 region yaitu region Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Timur, Afrika Tengah dan yang terakhir adalah Afrika Selatan. Masing-masing region memiliki ciri khas tersendiri baik dari negara-negara yang ada di dalamnya, penduduk, maupun bahasa.

Berikut ini merupakan penjelasan ringkas karakteristik Benua Afrika tiap regionnya.

Karakteristik Afrika Utara

Di bagian Afrika Utara terdapat berbagai negara antara lain adalah Livia, Mesir, Aljazair, Tunisia dan Maroko. Penduduk yang tinggal di kawasan ini mayoritas beragama Islam dengan bahasa sehari-hari yaitu bahasa Arab.

Negara di Afrika Utara
Aljazair (Algeria) Sahara Barat *
Libya Sudan
Maroko Tunisia
Mesir -

Karakteristik Afrika Barat

Kawasan Afrika Barat mencakup bagian selatan Gurun Sahara sampai Ai pesisir Samudra Atlantik. Di kawasan ini terdapat Sungai Niger, yakni aliran sungai terpanjang kedua di benua Afrika. Beberapa negara yang ada di kawasan ini antara lain adalah Burkina Faso, Mauritania, Gambia, Nigeria, Guinea, Liberia, dan lain sebagainya.

Negara di Afrika Barat
Benin Ghana Mali Senegal
Burkina Faso Guinea Mauritania Sierra Leone
Côte D'ivoire Guinea Bissau Niger Tanjung Verde
Gambia Liberia Nigeria Togo

Karakteristik Afrika Timur

Kawasan ini mulai dari wilayah bagian selatan Gurun Sahara sampai pesisir Samudra Hindia. Negara yang ada di kawasan ini antara lain adalah Komoro, Burundi, Ethiopia, Malawi, Tanzania, Uganda, dan lain sebagainya.

Negara di Afrika Timur
Burundi Komoro Mozambik Sudan Selatan
Djibouti Madagaskar Reunion * Tanzania
Eritrea Malawi Rwanda Uganda
Ethiopia Mauritius Seychelles Zambia
Kenya Mayotte* Somalia Zimbabwe

Karakteristik Afrika Tengah

Pada dasarnya, di wilayah ini terdapat sungai terpanjang ketiga di Benua Afrika yaitu Sungai Kongo. Pada umumnya kawasan ini merupakan wilayah hutan hujan tropis. Beberapa negara yang ada di wilayah ini antara lain adalah Republik Afrika Tengah, Angola, Gabon, Republik Demokratik Kongo, dan lain sebagainya.

Negara di Afrika Tengah
Angola Guinea Khatulistiwa RD Kongo
Chad Kamerun Republik Kongo
Gabon Republik Afrika Tengah Sao Tome dan Principe

Karakteristik Afrika Selatan

Pada dasarnya kawasan ini ada di bagian Ujung Selatan Benua Afrika. Di sana terdapat gurun Kalahari yang mana di sekitarnya ada negara republik Afrika Selatan, Lesotho, Botswana, dan lain-lain.

Negara di Afrika Selatan
Afrika Selatan Lesotho Swaziland (Eswatini)
Botswana Namibia -

Karakteristik Bentang Alam Afrika

Jika dilihat bentang alamnya, sebagian besar wilayah Afrika didominasi oleh dataran tinggi. Meskipun demikian, ada beberapa kawasan di Afrika yang merupakan dataran rendah. Berikut ini merupakan penjelasan lengkap bentang alam wilayah Benua Afrika.

1. Gurun di Afrika
Benua Afrika cukup terkenal dengan gurunnya, bahkan tersebar di berbagai kawasan benua tersebut. Jika melihat pada peta, maka gurun ini dapat dilihat di sekitar garis balik Utara dan Selatan. Gurun yang ada di bagian selatan cenderung letaknya lebih tinggi daripada kawasan gurun sebelah utara.

Meskipun demikian, gurun di wilayah utara lebih luas dibandingkan gurun di bagian selatan. Gurun bagian utara ini sering disebut sebagai Gurun Sahara. Sementara gurun di bagian selatan adalah Gurun Nambia dan Kalahari.

2. Sungai dan Danau di Benua Afrika
Selain terdapat banyak gurun di Afrika, benua ini juga memiliki banyak aliran sungai yang indah sekaligus panjang. Bahkan sungai terpanjang di dunia, Sungai Nil, berada di benua ini. Ada juga sungai-sungai lain seperti haknya Sungai Orange, Sungai Kongo, Sungai Niger, dan Sungai Zambesi.

Afrika juga memiliki cukup banyak danau, di antaranya adalah Danau Victoria yang merupakan danau terbesar di Afrika. Ada juga danau-danau lain seperti halnya Danau Mobutu, Danau Chad, Danau Rudolf, dan lain sebagainya. Bahkan, Afrika juga memiliki beberapa air terjun besar, di antaranya adalah Tuguela dan Victoria.

3. Pegunungan di Benua Afrika
Di kawasan Afrika Selatan terdapat cukup banyak aliran sungai dan mata air yang ketinggiannya berkisar 500 - 1.200 mdpl. Wilayah tersebut juga cukup banyak terdapat Plato dan pegunungan yang sangat indah. Tidak heran apabila daerah Afrika Selatan tersebut lebih popular daripada bagian lainnya.

Sementara itu, pegunungan di wilayah Afrika antara lain adalah Pegunungan Atlas dan Pegunungan Cape. Di Afrika juga terdapat cukup banyak gunung, tetapi kebanyakan tidak aktif. Titik tertinggi Benua Afrika adalah puncak Kilimanjaro di kawasan Asia Timur yang ketutup salju.

Karakteristik Penduduk, Sosial, dan Budaya

Mengetahui karakteristik dari benua Afrika dapat dilihat dari kondisi penduduk, sosial dan budaya di wilayah tersebut. Perlu diketahui bahwa benua ini disebut sebagai benua hitam bangsa Eropa ketika melakukan ekspansi wilayah. Hal ini terdengar rasis, tetapi julukan benua hitam dikarenakan penduduk Afrika pada umumnya adalah berkulit hitam.

Benua Afrika merupakan salah satu benua yang sangat padat penduduknya, bahkan menempati peringkat kedua penduduk terpadat setelah Asia. Penduduk Afrika mencapai angka 944 juta jiwa pada tahun 2007 di mana angka ini sangat tinggi, dan mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Selain Ras Negroid, di Benua Afrika juga terdapat bangsa-bangsa lain seperti halnya India, Arab, Melayu, bahkan bangsa Eropa pendatangan.

Perlu diketahui bahwa agama resmi yang dianut oleh orang-orang yang tinggal di Benua Afrika yaitu Kristen dan Islam. Sementara itu, bangsa Afrika menggunakan bahasa lokal serta bahasa warisan para penjajah seperti halnya Inggris, Perancis Portugal, Spanyol, dan Italia.

Fakta Tentang Benua Afrika

Ternyata Benua Afrika memiliki berbagai fakta yang sangat menarik untuk dikaji. Apa sajakah fakta tentang Benua Afrika yang jarang diketahui banyak orang?

Pada dasarnya, Afrika merupakan benua satu-satunya yang dilalui 2 garis khayal bumi yaitu garis khatulistiwa (0 derajat) serta garis bujur 0 derajat. Selain itu, wilayah benua ini juga sekaligus berada di 2 garis balik bumi yaitu garis balik utara dan garis balik selatan.

Benua Afrika memiliki wilayah Bagian daratan yang berada di benua lain yakni di wilayah Semenanjung Sinai Benua Asia. Karena Benua Afrika terkenal dengan benua yang memiliki banyak gurun, bahkan gurun terluas Kanada di benua ini, yakni Gurun Sahara.

Selain itu, sungai terpanjang di dunia, Sungai Nil, juga berada di Benua Afrika. Meskipun tentang alam dan kondisi geografisnya sangat beragam, tetapi dilihat dari kesejahteraan penduduk, benua Afrika adalah benua termiskin dan sangat rentan dengan tindak kejahatan kriminal.

Fakta selanjutnya dari Benua Afrika yaitu mempunyai Terusan Suez yang merupakan penghubung Laut Tengah dan Laut Merah sehingga dapat mengefektifkan lalu lintas antar benua. Keunikan lainnya dari Benua Afrika yaitu mempunyai berbagai bangunan bersejarah seperti Patung Sphinx, piramida, serta patung Raja Ramses II.

Itulah sekilas informasi terkait karakteristik Benua Afrika yang sekiranya dapat menjadi sumber referensi Anda saat berkunjung ke benua ini. Namun dengan adanya pembahasan tentang karakteristik benua, khususnya Benua Afrika, maka setidaknya pengetahuan dan wawasan Anda sudah terbuka dalam melihat sisi lain dari benua ini.