Skip to main content

Benua-Benua di Dunia [Definisi, Jumlah, dan Faktanya]

benua-benua di dunia

Benua di Dunia - Benua sebenarnya adalah sebuah kata benda yang terdefinisi sebagai daratan besar (luas) di permukaan bumi yang dikelilingi oleh badan air. Di dalam benua biasanya terdapat berbagai negara yang secara implisit mewakili keadaan budaya maupun geografis tertentu.

Lalu, apakah benua harus selalu terdefinisi sebagai sesuatu yang besar (berapa batas minimal luasnya)?, ataukah harus selalu dipisahkan oleh badan air? Simak penjelasannya.

Definisi Benua

Benua dalam bahasa inggris adalah "Continent" berasal dari bahasa Latin terra continēns [terra = "land", continēns/contineō = con ("bersama") + teneō ("saya memegang"), yang artinya "tanah bersama" atau "tanah yang terhubung".

Awalnya, istilah "benua" dipakai untuk merujuk hanya pada wilayah daratan, tidak peduli dengan ukuran berapa pun, maupun tidak peduli apakah itu dipisahkan oleh air atau tidak.

Namun, sejak zaman filsuf Yunani kuno, dunia/bumi dipisahkan menjadi "beberapa bagian". Awalnya hanya menyebutkan 2 bagian yaitu Eropa dan Asia, lalu setelah tahun 1507 muncul tambahan Afrika dan Amerika, dan selanjutnya pada akhir abad ke-19 secara eksplisit bagian-bagian tersebut didefinisikan sebagai benua.

Pada masa sekarang, benua dipahami sebagai sebuah daratan yang luas, saling terhubung, dan idealnya terpisahkan oleh hamparan air (tetapi tidak harus). Tidak ada ukuran minimum yang disyaratkan untuk memenuhi syarat sebagai "sesuatu yang luas" (atau "sangat luas") tersebut.

Kesimpulannya, saat ini pembagian benua lebih ditentukan oleh konsensus (kesepakatan) dibandingkan hanya mengacu pada kriteria fisik geografi. Kriteria yang sering digunakan bisa dari segi geografis, sejarah, budaya, antropologi, politik, atau bahkan filosofis.

Berapa Jumlah Benua di Dunia?

Apabila muncul pertanyaan ada berapa jumlah benua di dunia? jawaban yang tepat adalah "Tergantung". Hal ini karena berdasarkan definisi benua di atas maka akan menghasilkan banyak cara untuk membagi dunia menjadi beberapa benua.

Setidaknya ada empat jenis model pembagian benua yang sering diajarkan dibangku pendidikan tiap-tiap negara di dunia. Pada umumnya jumlah benua berkisar dari 4 hingga 7 benua.

Model 7 Benua

Model 7 Benua adalah model paling umum yang banyak digunakan di berbagai negara. Model ini mengklasifikasikan dunia terbagi atas 7 benua yaitu:
  • Asia
  • Afrika
  • Eropa
  • Amerika Selatan
  • Amerika Utara
  • Australia (atau Oseania)
  • Antartika

Model 6 Benua

Model yang selanjutnya adalah model 6 benua. Ada 2 varian dari model ini, yaitu:
  • Model 6 benua utama : mengelompokkan Amerika Utara dan Amerika Selatan ke dalam satu benua yang disebut "Amerika". Model ini kebanyakan digunakan di Perancis, Italia, Portugal, Spanyol, Rumania, Yunani, dan negara-negara Amerika Latin.
  • Model 6 benua alternatif :  menggabungkan Eropa dan Asia ke dalam satu benua yaitu "Eurasia". Kebanyakan digunakan di Rusia, Eropa Timur, dan Jepang.

Model 5 Benua

Selanjutnya ada juga model 5 benua yang mengadopsi kriteria model 6 benua. Model ini menyebutkan ada 5 benua di dunia yaitu: Afrika, Eurasia, Amerika, Oseania (atau Australia), dan Antartika.

Ada juga "model 5 benua alternatif" yang mengecualikan Antartika karena tidak berpenghuni dan memisahkan eurasia menjadi 2 benua yaitu Eropa dan Asia. Model ini menyebutkan jumlah benua di dunia hanya ada 5 yaitu: Afrika, Eropa, Asia, Amerika, dan Oseania (atau Australia).

Model 4 Benua

Yang terakhir adalah model 4 benua. Model ini kemungkinan menjadi model yang paling tepat jika mengadopsi definisi benua sesuai kriteria yang ketat yaitu sebagai daratan besar yang dipisahkan oleh air.

Arti "dipisahkan" hanya berlaku secara alami, ini tidak termasuk pemisahan yang dihasilkan oleh Terusan Suez (memisahkan Afrika dari Eurasia) dan Terusan Panama (memisahkan Amerika Utara dan Selatan) yang dibuat secara artifisial.

Model 4 benua ini menyebutkan bahwa ada 4 benua di dunia, yaitu: Afro-Eurasia (atau Eurafrasia), Amerika, Australia (bukan Oceania, yang menggabungkan Australia dengan negara-negara kecil di Samudra Pasifik yang dipisahkan oleh air), dan Antartika.

Ada juga "Model 4 benua alternatif" yang diperkenalkan pada awal abad ke-20, menyebutkan hanya ada 4 benua yaitu Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika.

7 Benua di Dunia Beserta Fakta Pentingnya

Bumi ini terdiri dari 29% luas daratan dan 71% luas perairannya. Daratan di bumi dikelompokkan menjadi 7 benua yang masing-masing memiliki fakta unik dan menarik, bahkan beberapa diantaranya belum banyak yang tahu.

1. Benua Asia

Secara umum wilayah Benua Asia hampir seluruhnya berada di utara garis khatulistiwa, kecuali beberapa pulau di Asia Tenggara. Dengan luas wilayah sekitar 49,7 juta km2 (30% dari total luas daratan bumi), Asia menjadi benua terbesar di dunia serta memiliki jumlah populasi penduduk terbanyak di dunia.

Setidaknya ada 51 negara di benua asia, dimana 3 diantaranya masih dalam status sebagai wilayah sengketa. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang Benua Asia:

- Memiliki Peradaban Tertua

Benua Asia merupakan tempat asal peradaban tertua di dunia yang disebut Mesopotamia. Mesopotamia berada di antara Asia Kecil dan Teluk Persia serta diantara Sungai Tigris dan Efrat. Peradaban ini dimulai dari tahun 3100 SM hingga 539 SM.

- Mempunyai 14 Gunung Tertinggi

Seperti yang kita tahu, gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest. Tinggi gunung ini yaitu 8.848 meter di atas laut dan terletak di perbatasan Tibet dan Nepal. Selain itu, masih ada 9 gunung tertinggi lain yang berada di Himalaya dan 4 sisanya terletak di sekitar daerah Karakoram.

- Tempat bagi Bangunan Tertinggi di Dunia

Selain gunung tertinggi, Benua Asia adalah tempat berdirinya bangunan-bangunan tertinggi di dunia. Menurut data dari Dewan Organisasi Nirlaba, terdapat 12 bangunan tertinggi yang ada di dunia. Sebelas diantaranya berdiri di Asia.

2. Benua Afrika

Afrika mempunyai luas wilayah sekitar 30,2 juta km2 atau 20% dari total luas daratan bumi. Benua Afrika dikenal dengan alam liarnya yang dihuni oleh berbagai macam hewan buas. Selain itu, benua ini juga dikenal memiliki banyak permasalahan, seperti kemiskinan, kelaparan, dan berbagai hal negatif lainnya.

Ada sekitar 54 negara di benua afrika dan 2 wilayah sengketa (somaliland dan sahara barat). Dibawah ini merupakan fakta menarik Benua Afrika:

- Banyak Orang Meninggal Karena Kuda Nil

Di Afrika, ternyata kematian orang yang disebabkan oleh serangan singa atau buaya tidak sebanyak serangan kuda nil. Kuda nil akan menyerang makhluk apa saja yang mendekati wilayahnya karena dianggap sebagai ancaman.

- Rata-Rata Orang Afrika Harus Berjalan Jauh Untuk Memperoleh Air

Suhu di Benua Afrika lebih tinggi dibandingkan benua lainnya. Ditambah lagi curah hujan yang rendah mengakibatkan air dan makanan sulit didapatkan. Bahkan, para perempuan dan anak-anak di Afrika harus berjalan jauh hingga 3,7 mil hanya untuk memperoleh air bersih.

- Memiliki Gurun Panas Terluas

Gurun Sahara yang ada di Afrika merupakan gurun panas terluas di dunia. Luasnya sekitar 3,5 juta mil persegi atau hampir menyamai luas Amerika Serikat. Sedangnya suhu rata-ratanya bisa di atas 38 derajat Celcius.

3. Benua Amerika Utara

Benua Amerika Utara merupakan sebuah satuan regional yang terdiri dari negara Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko. Benua yang terletak di belahan bumi bagian barat ini mempunyai luas sekitar 24,7 juta km2 dengan total jumlah penduduk yang menghuninya sekitar 370 juta orang (data januari 2021 Worldometers).

Berikut ini adalah beberapa fakta penting Benua Amerika Utara:

- Tidak Semua Kota Bersalju di Musim Dingin

Tidak semua kota yang berada di Amerika Utara tertutup salju pada saat musim dingin. Saat musim dingin tiba, salju turun di wilayah bagian timur. Sedangkan di wilayah barat tidak turun salju karena beriklim lebih hangat.

- Penangkal Petir di Empire State Building

Empire State Building adalah bangunan tertinggi di Amerika Serikat sekitar 381 meter. Gedung ini memiliki alat penangkal petir karena sering tersambar petir rata-rata 23 kali per tahun.

4. Benua Amerika Selatan

Amerika Selatan merupakan benua yang wilayahnya sebagian besar berada di bagian selatan equator. Benua ini berbatasan dengan Laut Karabia, Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, dan Samudra Selatan.

Di benua ini, ada sekitar 12 negara berdaulat, contohnya negara Brazil dan Argentina yang terkenal dalam bidang sepak bola juga berada dalam benua ini. Beberapa fakta menarik tentang Amerika Selatan adalah sebagai berikut:

- Memiliki Air Terjun Tertinggi di Dunia

Benua Amerika memiliki air terjun tertinggi di dunia yaitu Angel Falls. Ketinggian air terjun ini mencapai 979 meter. Air terjun ini ada di Rio Caroni terletak pada tempat terpencil Taman Nasional Canaima.

- Memiliki Gurun Terkering di Dunia

Benua Amerika juga memiliki gurun terkering di dunia yaitu Gurun Atacama. Gurun ini memiliki luas mencapai 1.000 km2 yang membentang di pesisir barat Amerika Selatan. Curah hujan di gurun hanya sekitar 25 mm setiap sepuluh tahun sekali.

5. Benua Antartika

Benua Antartika berada di kutub selatan bumi dan merupakan zona bebas (tidak dimiliki negara manapun). Beberapa fakta tentang Benua Antartika ialah:

- Tidak Ada Semut, Reptil dan Ular

Di Benua Antartika tidak ada semut, reptil maupun ular. Binatang liar yang hidup di wilayah benua ini yaitu anjing laut, paus, penguin dan burung lainnya.

- Benua Terdingin dan Terkering

Benua Antartika menjadi benua paling dingin di dunia dengan suhu bisa mencapai -98°C. Selain itu, Benua Antarktika juga menjadi benua terkering di dunia karena memiliki curah hujan yang rendah rata-rata 50 mm setiap tahun.

6. Benua Eropa

Terletak di belahan bumi utara, banyak yang menggambarkan Benua Eropa sebagai anak benua (subkontinen) atau semenanjung besar. Eropa mempunyai luas sekitar 10,2 juta km2 dengan total populasi didalamnya sekitar 747,8 juta jiwa (data Januari 2021) dan total ada 44 negara di eropa yang berdaulat (tidak termasuk Turki dan Siprus karena sebagian besar wilayahnya masuk Benua Asia).

Benua Eropa memiliki alam dengan pemandangan yang sangat mempesona serta bangunan bersejarah yang megah, maka tak heran jika Eropa menjadi primadona tempat berlibur bagi wisatawan asing. Fakta-fakta menarik yang dimiliki Benua Eropa yaitu:

- Daratannya Menyatu dengan Benua Asia

Jika dilihat dari peta dunia, daratan Benua Eropa (selain Italia, Islandia dan Inggris) tersambung dengan daratan Benua Asia (selain Sri Lanka, Taiwan, Jepang, Filipina, Indonesia dan Kepulauan Rusia). Gabungan dari kedua benua ini sering disebut Eurasia. Adapun Pegunungan Ural yang menjadi batas pemisah antara kedua benua tersebut.

- Memiliki Negara Terluas dan Terkecil

Di Benua Eropa terdapat negara terluas dan terkecil di dunia. Rusia adalah negara terluas yang setara dengan seperdelapan luas daratan bumi atau sekitar 17.125.200 kilometer persegi. Sedangkan negara terkecil di dunia yaitu Vatikan yang luasnya hanya sekitar 44 hektar.

- Memiliki Desa dengan Nama Terpanjang

Benua Eropa memiliki desa dengan nama terpanjang di dunia yang berada di Wales, Negara Inggris tepatnya di Pulau Anglesey. Desa ini bernama Llanfairpwllgwyn-gyllgogerychwyrn-drobwllllanty-siliogogogoch.

7. Benua Australia-Oseania

Australia adalah benua sekaligus negara yang terletak di bumi bagian paling selatan. Benua Australia disebut juga "the land of the own under" (tempat yang berada jauh di bawah) karena jika dilihat dari peta posisinya berada paling bawah (selatan) dari bumi.

Australia sendiri memiliki luas wilayah 7,69 juta km2 atau setara dengan 5,6% dari total luas daratan bumi. Sedangkan untuk Oseania mencakup area sekitar 100 juta km2. Ada 14 negara di Benua Australia-Oseania dan sejumlah wilayah teritori (dependensi). Berikut ini adalah beberapa fakta penting yang dimiliki Benua Australia-Oseania:

- Memiliki Populasi Kanguru yang Melebihi Populasi Penduduknya

Menurut laman Daily News tahun 2016, kanguru di Australia berjumlah sekitar 44 juta ekor. Jumlah ini adalah dua kali lipat lebih besar dari jumlah penduduk di Australia. Maka tidak heran jika Australia dijuluki Negeri Kanguru.

- Terdapat Banyak Hewan Mematikan

Australia merupakan habitat bagi jenis hewan paling mematikan dan tentunya sangat berbahaya bagi manusia. Diantaranya seperti ular, laba-laba, buaya, hiu, gurita, hingga siput laut.

- Memiliki Gurun Terbanyak

Di Australia terdapat 10 gurun yang menyelimuti hampir seperlima dari luas daratan. Sekitar 70 persen wilayah Australia menerima curah hujan per tahun kurang dari 500 mm. Sehingga Australia juga disebut sebagai benua terkering di dunia yang berpenghuni.

Demikian rangkuman mengenai benua-benua di dunia beserta fakta pentingnya. Ada banyak sekali fakta unik tentang benua yang menarik untuk digali. Semoga informasi di atas bisa menambah wawasan dan pengetahuan.

Referensi: United Nations, Nations Online Project

Update Data: Januari 2021

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar